Apa hal yang paling membuat Anda bahagia dalam membangun sebuah bisnis? Keuntungan yang berlipatganda? Perusahaan yang tumbuh berkembang semakin besar? Produk yang bisa memberi manfaat bagi banyak orang? Iya, betul. Semua itu bisa membuat Anda merasa bahagia. Itulah juga yang jadi alasan kenapa banyak orang kemudian memutuskan untuk jadi pebisnis. Namun demikian, ada sebuah kebahagiaan lain yang saya rasakan kemarin. Kebahagiaan yang sangat mendalam bahkan bisa melampaui bentuk kebahagiaan lain yang saya sebutkan sebelumnya.

Kebahagiaan Dalam Bisnis

Kemarin (Senin, 27 Juni 2016) Kubik Group mengadakan acara silaturahmi dan buka puasa untuk seluruh karyawan, trainer dan para associate. Ada sekitar seratus orang yang hadir. Mereka semua mengenakan pakaian gaya melayu sebagai dress code. Acara dimulai dengan pembukaan dari Direktur Kubik, Mas Jamil Azzaini dan diteruskan dengan rangkaian kompetisi seru yang memancing tawa dan canda. Semua dari direktur, trainer hingga kru teknis terlibat dalam aksi kocak yang mengocok perut. Sungguh ini sebuah keluarga besar yang sangat saya cintai.

Diantara riuh gembiranya sore itu, saya memilih untuk sedikit menjauh dari pusat acara dan berdiri di pinggiran. Saya ingin melihat wajah mereka satu persatu. Wajah-wajah yang masing-masingnya punya cerita sendiri-sendiri. Bahkan ada yang ceritanya dimulai sejak 17 tahun yang lalu. Dan sore itu, ketika menatap mereka semua, hati saya meleleh.

Dulu kami masih sama-sama jomblo, namun kini sudah menggandeng istri dan anak-anak. Dulu kami yang kurus, kini sudah jauh lebih berbobot. Dulu mereka yang minderan, kini berani tampil percaya diri diatas panggung. Dulu mereka office boy, kini sudah mengelola projek pelatihan senilai milyaran rupiah di seluruh Indonesia.

  Mental Seorang Leader

Kebahagiaan Dalam Bisnis

Sore itu saya juga haru dan bangga, melihat sahabat saya, mas Jamil Azzaini tampil sebagai pemimpin Kubik Group yang dicintai dan disegani oleh semua orang di keluarga besar kami. Sungguh ini adalah anugerah paling indah yang Allah hadiahkan pada kami di Kubik Group. Sebuah anugerah yang tidak terbayangkan dalam pikiran saya ketika saya memulai perjalanan mendirikan Kubik 17 tahun silam.

Saya berdoa kepada Allah Swt, agar Anda, sahabat-sahabatku semua, juga mendapatkan anugerah yang sama seperti apa yang saya rasakan sekarang. Saya berdoa agar Allah memudahkan semua urusan Anda, menuntun Anda membesarkan bisnis Anda di jalan yang lurus. Serta menjadikan Anda sebagai pemimpin bisnis yang mampu membawa semua anggota tim Anda menikmati kehidupan terbaiknya, kehidupan SuksesMulia.

Semoga semua jerih payah kita membangun bisnis saat ini dinilai Allah sebagai amal sholeh yang akan membawa kita menuju syurga-Nya nanti. Amin ya robbal aalamiin.

Indrawan Nugroho
Business Innovator
CEO CIPTA Consulting
Co-founder Kubik Group

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends