Jauhi Penyakit 3 M

Oleh Jamil Azzaini, Direktur Kubik Group

Cara pandang Anda menentukan kualitas hidup anda. Menekuni aktivitas yang sama namun dengan cara pandang yang berbeda dalam jangka panjang hasilnya pun akan berbeda. Ada yang pergi bekerja dengan alasan “daripada nganggur”. Ada pula yang berpandangan, “Saya bekerja demi orang-orang yang saya cintai.”  Bahkan ada pula yang berpikir, “Saya harus meninggalkan sesuatu yang berarti di semesta untuk generasi sesudahku sekaligus bekal matiku.”

Saya yakin, Anda sudah bisa menebak mana yang bekerjanya paling bergairah dan bersemangat serta berpeluang menghasilkan karya-karya besar. Namun untuk memiliki cara pandang yang benar itu tidaklah mudah. Kita harus menjauhi 3 hal negatif agar cara pandang kita benar.

Pertama, menyalahkan. Orang-orang yang selalu menyalahkan orang atau pihak lain biasanya sulit berbenah. Ia lebih sibuk mencari kesalahan orang lain ketimbang mencari solusi. Pimpinan, rekan kerja, pasangan di rumah, anak-anak, orang tua dan masyarakat sekitar menjadi obyek untuk selalu disalahkan. Berhentilah menyalahkan orang lain dan pikulah tanggung jawab hidup Anda.

Kedua, membandingkan. Percayalah, bila Anda sering membandingkan dengan orang lain pasti Anda akan merasa sering kalah dengan orang lain. Mengapa? Karena Anda membandingkan dengan sesuatu yang tidak Anda miliki tetapi hal itu dimiliki orang lain. Anda juga  membandingkan sesuatu yang Anda tidak mampu sementara itu adalah keistimewaan orang lain.

Apa tidak boleh membandingkan? Ya bolehlah. Bandingkan hidup Anda saat ini dengan masa lalu Anda, kemudian bersyukurlah atau bersabarlah. Yang lebih dahsyat bandingkan hidup Anda saat ini dengan kehidupan yang ingin Anda capai di masa depan, setelah itu kejarlah. Bandingkan pencapaian target Anda tahun ini dengan tahun lalu, bandingkan dengan industri sejenis.

  Seminar Motivasi di PT Elnusa Petrofin

Ketiga, membanggakan diri. Apabila Anda ingin orang lain menghindari pembicaraan dengan Anda, caranya sangatlah mudah. Apa itu? Bicaralah terus tentang diri Anda. Ingatlah pepatah kuno yang berbunyi, “Ajaklah orang lain bicara tentang diri Anda maka mereka akan mendengarkan. Ajak mereka bicara tentang dirinya maka mereka akan mencintai Anda.” Kurangilah bicara tentang “aku” tetapi perbanyaklah bicara tentang “Lawan bicara Anda”.

Apabila saat ini penyakit 3M di atas masih melekat dalam diri Anda, maka Anda tidak akan pernah memiliki cara pandang positif dalam kehidupan Anda. Waspadalah..

 

Salam SuksesMulia!

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends