Jangan Diabaikan! Ternyata Langkah Kecil Ini Bisa Memberi Pengaruh Besar Bagi Perusahaan

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Perubahan-perubahan besar ternyata bermula dari yang kecil. James Wilson dan George Kelling pernah memaparkan “teori jendela rusak”. Teori itu menyatakan bahwa tanda-tanda kekacauan kecil, seperti jendela rusak di rumah susun atau toko yang tidak diperbaiki, bisa mendorong meluasnya perilaku negatif akibat norma sosial yang dikomunikasikannya.

Berbagai riset susulan menyatakan bahwa ketika orang melihat sesamanya melanggar suatu norma sosial, mungkin mereka bukan hanya melanggar norma yang sama, melainkan juga melanggar norma sosial terkait.

Misalnya, para karyawan kantor yang melewati mesin fotokopi dan mesin penghancur kertas sambil memperhatikan bahwa suasana sekitarnya semrawut dan potongan kertas bertebaran dimana-mana, mungkin melanggar norma kantor lainnya dengan meninggalkan cangkir bekas kopi di meja atau meninggalkan tumpahan makanan dan minuman di dapur (dikutip dari The Small BIG, Steve J Martin, et.al, 2014).

Beberapa client Kubik Leadership pernah bercerita kepada saya bahwa menghapus coretan-coretan tulisan di kamar mandi di pabrik ternyata menurunkan hilangnya gayung di kamar mandi dan aset perusahaan lainnya. Hal-hal kecil bisa berdampak besar, bisa menurunkan hal-hal negatif, meningkatkan efisiensi, meningkatkan produktivitas.

Secara teori, mengubah perilaku orang memang dengan cara mengubah paradigma atau pikiran seseorang namun untuk mempercepatnya perlu perubahan pada lingkungan. Bahkan beberapa ahli mengatakan “terkadang lebih mudah dan lebih efisien untuk mengubah lingkungan ketimbang pikiran orang lain.”

Waspadalah, terlalu sering membaca, menonton dan mendiskusikan hal yang negatif itu akan memicu perbuatan negatif lainnya. Membiarkan hal negatif terjadi di tempat kerja meski itu kecil bisa membangkrutkan perusahaan. Tentu sebagian Anda masih ingat, ada salah satu perusahaan waralaba kuliner ternama dunia di Amerika Serikat merugi karena salah satu karyawannya mengupload video memasukan kotoran hidung (upil) ke dalam makanan yang dihidangkannya. Upil itu sesuatu yang kecil tetapi berdampak sangat besar.

  4 Kompetensi Pemimpin Yang Baik

Mari terus melakukan perubahan, tidak perlu melihat apakah perubahan itu besar atau kecil. Karena berbagai fakta menunjukkan, perubahan kecil bisa berdampak sangat besar bahkan bisa mengubah peta dunia. Bukankah salah satu pemicu runtuhnya tembok Berlin dan pecahnya Uni Soviet menjadi beberapa negara adalah pidato singkat (kecil) Presiden Amerika Serikat Ronald Reagen?

Apa perubahan kecil yang hendak Anda lakukan di lingkungan kerja Anda? Di kehidupan Anda? Di aspek spiritual Anda? Di aspek keuangan Anda?

 

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Inspirasi Leadership Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends