Jadilah Pemimpin Dari Sekarang

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Di sela-sela istirahat training saya, ada yang mengadu “pak Jamil, saya hanyalah supervisor, tidak memiliki kekuasaan yang luas, saya tidak bisa banyak berbuat.” Saya menjawab pendek “supervisor itu jabatan strategis. Bisa mimpin atasan, mimpin teman yang selevel dan tentu memimpin anak buah.” Dia terkejut, kami pun terlibat diskusi yang hangat.

Leadership bukanlah tentang jabatan yang kita duduki, leadership adalah tentang pengaruh yang bisa kita sebarkan dan tularkan. Seseorang yang memiliki jabatan tetapi tidak punya pengaruh pada hakekatnya orang ini leadershipnya rendah. Dalam bahasa sederhananya, dia hanyalah pimpinan bukan pemimpin.

Sebaliknya, seseorang yang tidak memiliki jabatan tetapi memiliki pengaruh yang luas, pada hakekatnya dia adalah pemimpin. Ya, kepemimpinan itu tentang pengaruh, bukan tentang tempat yang kita duduki. Seorang supervisor bisa memiliki pengaruh yang luas baik kepada pimpinannya, teman dengan level yang setara dan tentu kepada anggota timnya. Kata kuncinya PENGARUH.

Nah, pengaruh itu bukanlah pemberian, ia harus kita usahakan. Apabila Anda punya pola pikir “saya akan punya pengaruh besar, nanti bila saya jabatannya sudah lebih tinggi.” Pernyataan ini adalah kebodohan dan menghambat menguatnya pengaruh kita. Apapun posisi kita sekarang, kita bisa banyak berbuat yang terbaik, dan semakin banyak kebaikan yang kita lakukan maka semakin besar pengaruh kita. Jadilah pemimpin mulai sekarang tidak perlu menunggu punya jabatan yang Anda harapkan.

Semakin Anda fokus berbuat banyak kebaikan, tanpa dibatasi jabatan atau kedudukan, maka pengaruh Anda semakin menguat. Dan pada saat inilah mental leadership semakin terbentuk dalam pikiran, sikap dan tindakan Anda. Dan kelak, saat jabatan tertinggi disematkan kepada Anda, pengaruh Anda sudah sangat kuat dan Anda akan lebih mudah menggalang dukungan dari semua pihak. Sekali lagi, jadilah pemimpin dari sekarang tanpa harus menunggu jabatan datang.

  Training SDM bagi Karyawan Perusahaan

 

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

 

***

Daftarkan diri Anda dalam Public Training “Leveraging Generation Gap To Build High Performance Team” yang akan diselenggarakan oleh Kubik Leadership pada hari Rabu tanggal 5 April 2017 di Hotel Intercontinental Midplaza.

Di pelatihan itu Anda akan dapatkan banyak insight, strategi dan taktik jitu memanfaatkan celah generasi untuk mendongkrak produktivitas karyawan di perusahaan Anda.

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends