Pada tanggal 20-21 Oktober 2014, kembali diselenggarakan Competency Based Development Program (Combad Pro) Integrity batch 2 oleh PT Rekayasa Industri (Rekind) di Kampus IPMI Kalibata, Jakarta. Peserta berjumlah 36 orang dengan mayoritas laki-laki. Trainer yang mengisi pelatihan ini ada 2, yaitu Fauzi Rachmanto yang memberikan materi pada hari pertama dan Indrawan Nugroho pada hari kedua.

image(6)

Suasana training berjalan sangat cair dan akrab, beberapa kali peserta menanggapi materi yang dibahas oleh trainer dengan komentar lucu sehingga terjadi interaksi yang menyenangkan. Di hari pertama, peserta mendapatkan pembekalan tentang urgensi integritas. Di hari kedua, peserta yang sebelumnya sudah dibagi menjadi beberapa kelompok diminta untuk mereview materi hari pertama. Selain itu, ada juga pembekalan tentang aplikasi integritas dengan pimpin diri sendiri.

Pada dasarnya yang dicari oleh perusahaan dari karyawannya ada 3 hal, yaitu intelegensi, energi dan integritas. Jika seseorang memiliki intelegensi yang tinggi, energi dan semangat yang besar, namun tidak memiliki integritas yang baik maka orang tersebut bisa dikatakan tidak memenuhi kriteria, terutama bagi PT Rekayasa Industri.

image(7)

Pikiran, tindakan dan perasaan mencerminkan integritas seseorang. Integritas akan mempengaruhi bagaimana orang lain memperlakukan kita dan hal itu akan menentukan bagaimana perilaku kita selanjutnya. Untuk bisa menerapkan integritas dalam keseharian, kita harus melakukan kontrol atas diri dan menjadi pemimpin bagi diri sendiri. Integritas diwujudkan dari aksi nyata yang kita lakukan, maka apapun hasilnya, integritas pasti kembali kepada diri sesuai Hukum Kekekalan Energi.

Ada 3 jenis permasalahan yang biasa dihadapi dalam penerapan integritas, yaitu permasalahan yang bisa dikontrol (kepada bawahan), yang bisa dipengaruhi (kepada sesama rekan kerja), dan yang tidak bisa dikontrol (kepada atasan dan perusahaan). Karyawan Rekind selepas mengikuti pelatihan ini menjadi semakin yakin akan integritas yang selama ini mereka junjung tinggi akan mampu diterapkan dengan baik sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di perusahaan.

  Kerja Keras, Kerja Cerdas, dan Kerja Ikhlas

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends