Perubahan dalam kehidupan manusia adalah sebuah keniscayaan, karena dari waktu ke waktu, kebutuhan manusia senantiasa berubah.

Yang paling merasakan dampak signifikan dari perubahan ini adalah dunia usaha dan perdagangan. Mereka menghadapi tantangan yang sangat nyata tatkala dituntut untuk mampu beradaptasi dan bergerak secepat perubahan itu terjadi.

Kenyataannya, tidak banyak orang yang suka akan perubahan, terutama jika melibatkan sebagian besar dari sikap dan perilaku mereka sehari-hari.

Mereka yang merasa terganggu akan memberikan penolakan atas terjadinya perubahan tersebut, sehingga akan sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk merubah mereka. Penolakan ini dikenal dengan istilah “resistance to change”.

Seni Kepemimpinan dalam Change Management

Bentuk penolakan yang bisa terlihat dengan jelas atau eksplisit diantaranya mengajukan protes, mengancam mogok, demonstrasi, dan sejenisnya. Sementara penolakan yang bentuknya tersirat atau implisit diantaranya loyalitas pada organisasi berkurang, motivasi kerja menurun, kesalahan kerja meningkat, tingkat absensi meningkat, dan lain sebagainya.

Jika tidak segera ditangani dengan benar, berbagai bentuk penolakan ini akan memberikan efek buruk bagi keberlangsungan organisasi. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka manajemen perubahan penting untuk dijalankan.

Dalam buku Change Management karya Jeff Davidson, manajemen perubahan diartikan sebagai upaya untuk mengelola akibat-akibat yang ditimbulkan dari sebuah proses penyesuaian yang berkelanjutan antara sebuah organisasi dengan pasarnya. Proses penyesuaian ini dilakukan agar organisasi tersebut lebih tanggap dan efektif ketimbang para pesaingnya.

Di sinilah peranan pemimpin yang dituntut untuk tidak hanya mampu mencapai hasil yang baik dalam performa bisnis, tetapi juga untuk secara efektif mengelola manusia dalam aspek perubahan.

Kubik menyediakan sarana bagi para pemimpin organisasi agar memiliki keterampilan yang dibutuhkan demi kesiapan dalam menghadapi perubahan di masa mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100.

  Training Transformational Leaders PT Bakrie Auto Parts Group

Salam SuksesMulia!

 

 

 

Informasi training:  follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends