Ikigai: Kunci Bekerja Enjoy dan Panjang Umur

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Ada orang yang mengeluh kepada saya “Pak Jamil, saya sudah bekerja sesuai dengan passion, koq hidupnya masih susah ya?” Menurut Anda, apakah bekerja sesuai passion menjamin seseorang sukses dan bahagia? Jawabnya, tentu tidak. Anda perlu memadukan 3 hal lainnya yaitu: mission, profession, dan vocation.

Mari kita dudukan satu per satu dengan dudukan yang tepat. Apabila yang kita lakukan itu sangat kita cintai dan kita kuasai, itu namanya passion. Apabila yang kita lakukan itu sesuatu yang kita cintai dan sangat dibutuhkan masyarakat itu namanya mission. Apabila yang kita lakukan kita kuasai dan kita mendapat bayaran karena pekerjaan itu, hal ini dinamakan profession. Dan apabila kita melakukan sesuatu kemudian mendapat bayaran dan hal itu dibutuhkan banyak orang, maka hal ini disebut vocation.

Ikigai: Kunci Bekerja Enjoy dan Panjang Umur

Nah, coba sekarang Anda renungkan, Anda termasuk kelompok yang mana? Apabila Anda sama dengan seseorang yang bertanya kepada saya (bekerja sesuai passion) Anda hanya mendapatkan kepuasan sesaat karena Anda boleh jadi tidak mendapatkan bayaran dan tidak dibutuhkan masyarakat.

Begitu pula bila ada orang yang mengatakan “kerja yang penting duit, duit, duit” boleh jadi ia mendapatkan duit namun terkadang hidupnya merasa hampa, merasa tidak berguna atau terkadang juga enggan melatih keahliannya jika tidak mendapatkan imbalan dari proses yang dijalaninya.

Kondisi yang paling ideal dan seyogyanya kita perjuangkan adalah kita melakukan sesuatu yang kita cintai, kuasai, mendapat bayaran dan dibutuhkan masyarakat. Dalam istilah Jepang, kondisi ini disebut ikigai. Silakan Anda search di google, banyak penjelasan tentang hal ini. Dan konon inilah rahasia panjang umur penduduk Okinawa di Jepang. Usia harapan hidup mereka lebih dari 80 tahun, bahkan ada beberapa orang yang usianya melebihi 100 tahun.

  Kekuatan Itu Bernama Harapan

Ini bukan konsep yang hanya indah didiskusikan, konsep ini juga bisa dijalankan. Alhamdulillah saya sudah menjalani dan merasakan, banyak sahabat saya yang secara tidak sadar juga sudah menerapkan ikigai ini. Dan saya melihat kehidupan mereka sangat happy dan terus bertumbuh. So, berupayalah menemukan dan menerapkan ikigai dalam hidup Anda maka Anda akan menjalani hidup dengan enjoy dan insya Allah panjang umur. Wallahu’alam.

 

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Inspirasi Leadership Jamil Azzaini diĀ Youtube Channel KubikĀ Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends