Hindari Jebakan Rutinitas

 

Halo Leaders,

Rutinitas harian dan konsentrasi kerjaan harian sangat mudah menjadikan Anda lupa bahwa pekerjaan Anda sesungguhnya atau tugas Anda sebenarnya yaitu menjadi leader yang inovatif dan kreatif. Kita kadang terjebak pada rutinitas harian yang membuat kita tidak bisa melihat fakta bahwa kita dapat membuat terobosan dan jalan keluar, menginspirasi, memotivasi dan berkata “ya” pada setiap ide baru yang lahir dari tim Anda, tapi Anda sangat lelah dan frustasi dengan situasi sehingga Anda berkata “tidak” pada apapun yang tim Anda sarankan.

Jebakan rutinitas kadang memaksa Anda mengatakan “biarkan saya pikirkan hal ini, saya terlalu sensitif atau sibuk saat ini” kepada tim Anda. Seolah pekerjaan ini hanya tuntas jika Anda yang memikirkan jalan keluarnya, seolah planet ini ikut berhenti berputar ketika Anda berhenti memikirkan rutinitas kerjaan yang menurut Anda tidak bisa Anda tinggalkan. Kita semua pernah merasakan hal ini. Pikiran kita dibatasi dan dihalangi oleh tekanan dan pekerjaan.

Anda perlu melepas semua penghalang yang membuat Anda tidak bisa melihat fakta dengan jernih, yang membuat Anda terjebak pada rutinitas yang membuntu kreatifitas dan terobosan. Agar Anda dapat melepas penghalang tersebut ada 3 hal yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Jadilah orang asing. Coba Anda bayangkan, jika Anda orang asing yang datang dari luar, apa yang akan Anda lakukan pertama kali untuk menjalankan tugas Anda.
2. Nikmatilah waktu bersama keluarga atau sahabat Anda. Maksudnya adalah benar-benar menikmati waktu yang sangat berkualitas bersama keluarga Anda, bekerja itu untuk keluarga, jadi jangan sia-siakan waktu Anda bersama pasangan dan anak Anda dengan memikirkan pekerjaan saat bersama mereka.
3. Tingkatkan kadar spiritualitas. Sebagai makhluk beragama yang percaya kepada Tuhan YME yakinlah bahwa segala sesuatunya mungkin, hanya kita belum menemukan caranya, dan itu tentu dengan seijinNya.

  Menciptakan Sosok Para Pengungkit Keberhasilan

Sesulit apapun permasalahan Anda hadapi, sesibuk apapun pekerjaan yang Anda jalani, seberat apapun beban yang Anda pikul, Anda tidak harus menanggung sendiri. Anda harus bisa keluar dari jebakan rutinitas yang membuntukan. Tenangkan pikiran dan jernihkan hati. Tim Anda membutuhkan leadernya, mereka butuh diinspirasi, dimotivasi, digerakkan dan diberdayakan, tim Anda membutuhkan Anda.

Sebagai Muslim saya kutip Firman Allah SWT berikut ini:
“Ala bidzikrillah tathmainnul qulub” Hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram (Surah Ar-Ra’d ayat 28)

 

Salam Sukses Mulia
Eko S. Nugroho
Direktur Rumah Sakit Mekar Sari Bekasi
Founder & Owner VNV Mediesteti Klinik
Co-Founder Medical Preneur Institute

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends