Hadapi Persaingan dengan Falsafah Ilmu Silat

 

Halo leaders,
Anda tidak boleh takut pada persaingan. Jika Anda takut pada persaingan, yang sebenarnya Anda takuti adalah inkompetensi Anda sendiri. Jika Anda melakukan pekerjaan dengan baik maka persaingan tidak bisa menyentuh Anda. Jika Anda tidak bekerja dengan baik, maka persaingan dapat menggilas Anda.

Alvin Toffler, The Third Wave, mengatakan:
“Buta huruf pada jaman sekarang bukan lagi mereka yang tidak dapat membaca dan menulis, melainkan mereka yang tidak bisa belajar, belajar melupakan, dan belajar kembali.”

Sesungguhnya persaingan mengajarkan kita untuk belajar dari pesaing itu sendiri, apa yang dapat kita pelajari dari mereka? Bagaimana kita bisa melakukan inovasi yang lebih baik dari mereka?

Sebagai Leader, pimpin tim Anda agar selalu belajar, terutama dari pesaing, persaingan membuat Anda selalu siaga. Persaingan memberi Anda kesempatan belajar secara nyata yang tidak Anda dapatkan pada latihan dalam pendidikan.

Dunia persaingan bisnis ibarat arena pertarungan silat. Falsafah dalam menggunakan ilmu silat, bertarung tidak bermaksud melukai dan bertahan agar tidak dianiaya, silat digunakan untuk kebaikan, demikian pula dengan persaingan.

Persaingan tidak dimaksudkan untuk menjadikan pesaing “kalah” dan akhirnya kita “menang”, tapi persaingan seharusnya menjadi pemicu agar Anda dan tim bekerja lebih giat, berpikir lebih kreatif, menghasilkan produk layanan yang inovatif, dan persaingan lebih diarahkan pada memenangkan hati pelanggan dan mengalahkan kebuntuan Anda dan tim yang Anda pimpin.

Agar Anda mahir dalam dunia persaingan, Anda harus menguasai jurusnya. Inti Jurusnya adalah:
1. Kembangkan jurus dari hasil mengamati pesaing.
2. Terus latih jurus yang Anda miliki bersama tim, beranilah, karena Anda kompeten.
3. Gunakan jurus untuk memenangkan hati pelanggan dan mengalahkan diri Anda sendiri, bukan menyerang pesaing.

  Temukan dan Kembangkan

Sibukkan diri Anda dan tim dengan selalu belajar, selalu mengembangkan jurus untuk memenangkan hati pelanggan, dengan demikian Anda sesungguhnya otomatis sebagai pemenang dalam arena pertarungan silat.

Bagaimana Anda siap menjadi leader para petarung dalam arena persilatan yang sedang dihadapi?

 

Salam Sukses Mulia
Eko S.Nugroho
Direktur Rumah Sakit Mekar Sari Bekasi
Founder & Owner VNV Mediesteti Klinik
Co-Founder Medical Preneur Institute

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends