Gaya Kepemimpinan

Gaya kepemimpinan mana yang sebaiknya diterapkan oleh seorang pemimpin sangat tergantung pada situasi dan kondisi di dalam organisasi itu sendiri.

Menurut Robert Albanese dan David D. Van Fleet dalam bukunya yang berjudul Organizational Behavior: A Managerial Viewpoint, ada empat gaya kepemimpinan yang dibedakan berdasarkan kepribadian. Ada gaya kepemimpinan Kharismatis, yang mampu menarik atensi banyak orang dengan kharisma yang dimiliki. Ada gaya kepemimpinan Otoriter, yang senang membuat keputusan sepihak dan mengharuskan orang lain mengikutinya.

Ada pula gaya kepemimpinan Demokratis, yang lebih memberikan keleluasaan kepada bawahan terkait tugas dan tanggung jawabnya. Dan terakhir, ada gaya kepemimpinan Moralis, yang memiliki empati tinggi terhadap permasalahan bawahannya namun sikapnya sangat emosional.

Empat gaya kepemimpinan di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi. Gaya kepemimpinan yang satu bisa jadi lebih baik dalam situasi tertentu namun dalam situasi yang lain tidak bisa diterapkan.

Seorang pemimpin tidak bisa menjalankan satu gaya kepemimpinan yang sama terus-menerus karena setiap organisasi pasti memiliki permasalahan yang berbeda dan selalu mengalami perubahan setiap waktu. Untuk itu, pemimpin harus bisa fleksibel dalam menerapkan sebuah gaya kepemimpinan agar menjadi lebih efektif penggunaannya.

Menentukan gaya kepemimpinan yang manakah yang paling baik bagi seorang pemimpin memang cukup sulit. Mereka terlebih dahulu harus mempelajari situasi dan kondisi dalam suatu organisasi agar tidak salah mengambil langkah ke depannya.

Seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan, keterampilan, dan informasi yang mendalam agar dapat mengambil satu keputusan yang tepat. Di samping itu, gaya kepemimpinan seorang pemimpin harus dapat mempengaruhi dan memberikan arahan kepada bawahan sedemikian rupa, sehingga apa yang mereka kerjakan sesuai dengan keinginan pemimpin yang bersangkutan.

  Perbuatan, Energi Alam dan Balasan

Apapun gaya kepemimpinan yang dijalankan oleh seorang pemimpin terhadap organisasi yang dipimpinnya harus dapat memberikan motivasi dan kenyamanan, serta perubahan ke arah yang lebih baik bagi para anggotanya. Hanya dengan jalan demikian pencapaian tujuan organisasi dapat terlaksana. Inilah yang dinamakan dengan kepemimpinan yang efektif.

Kubik Training menyadari akan pentingnya kepemimpinan bagi keberlangsungan sebuah organisasi atau perusahaan. Oleh sebab itu, Kubik menyediakan program pelatihan leadership yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk membangun karakteristik dan jiwa kepemimpinan karyawan mereka. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai program pelatihan leadership dari Kubik, Anda dapat menghubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100.

Salam SuksesMulia!

 

 

Informasi training:  follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends