Fungsi Manajemen HR

Fungsi manajemen HR di masa depan lebih banyak memberikan support kepada pemimpin di perusahaan, seperti dalam hal administrasi, kesejahteraan, legal, dan lain-lain.

Pekerjaan mengurusi sumber daya manusia (karyawan) untuk meraih target bisnis kini bukan lagi menjadi fungsi manajemen HR. Ya, jika dulu yang bertugas mengurusi human resources dan human capital development adalah bagian HRD, maka kini telah berubah menjadi tugas dari atasan langsung karyawan itu sendiri.

Lalu, apa yang menjadi fungsi manajemen HR saat ini? Sebenarnya masih banyak peranan HR dalam mengurus kebutuhan karyawan seperti mengelola promosi dan rotasi karyawan, meningkatkan taraf kesehatan dan kesejahteraan karyawan, termasuk di dalamnya ada sistem pensiun, sistem gaji, dan lain-lain.

Pemimpin sejatinya memang lebih tepat untuk melakukan tugas pengembangan sumber daya manusia. Mengapa? Ini dikarenakan hanya pemimpin yang mengetahui karakteristik dan kebutuhan masing-masing anak buahnya. Ia harus mengasah kompetensi timnya, membakar motivasi, membangkitkan kesadaran, dan mengelola sikap mereka agar menjadi manusia berkinerja tinggi.

Semua hal tersebut harus dilakukan satu demi satu, orang per orang, supaya hasilnya lebih efektif dan efisien. Itulah mungkin alasannya mengapa di beberapa world class company berlaku “formula 15”. Satu pemimpin maksimal bisa mengelola 15 orang yang bertanggung jawab kepadanya. Jika lebih dari itu, ia tidak akan efektif lagi mengenali mereka, hanya tahu muka dan nama.

Di sini tentu saja fungsi manajemen HR masih dibutuhkan untuk memberikan support kepada pemimpin. Jika pemimpin ingin memberikan promosi atau training kepada anak buahnya, misalnya, fungsi manajemen HR adalah mengeksekusi jalannya promosi atau training tersebut.

Karena tugas dan peranan pemimpin yang semakin berat di masa depan, maka mereka perlu meningkatkan kapabilitas dirinya dengan mengikuti training kepemimpinan. Hal ini penting bagi pemimpin untuk benar-benar menjalankan fungsinya dalam membina timnya, agar produktivitas dan kinerja tinggi dapat tercapai di semua level perusahaan.

  Seni Leadership: Quick Wins

Untuk itu, Kubik Training menyediakan training kepemimpinan yang dapat mendongkrak skill pemimpin dalam membangkitkan kualitas anak buahnya. Setelah mengikuti training kepemimpinan ini akan ada perubahan perilaku konkrit yang muncul dari para peserta. Jika Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, silahkan hubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100.

Salam SuksesMulia!

 

 

Informasi training:  follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends