FB_IMG_1465001969652

 

Saat ini kita ada dalam situasi yang tidak menentu. Semua bisa berubah sewaktu-waktu. Pesaing datang dari sudut yang tak terduga. Industri bergeser menjauh dari proyeksi kita. Dalam kondisi penuh ketidakpastian ini, apa yang harus dilakukan oleh para pimpinan di perusahaan?

Situasi yang saya sebut diatas sering disebut dengan istilah VUCA, singkatan dari Volatile (bergejolak), Uncertain (tidak pasti), Complex (kompleks), dan Ambigue (tidak jelas). Istilah ini awalnya diciptakan oleh militer Amerika untuk menggambarkan situasi geo-politik saat itu. Namun karena kesamaan makna, maka istilah VUCA kini diadopsi oleh dunia bisnis. 

Memang dunia bisnis saat ini mencerminkan kondisi VUCA. Lihat saja bagaimana teknologi berubah dengan sangat cepat, kompetisi internasional yang semakin meningkat, deregulasi pasar, industri padat karya yang mulai kelebihan kapasitas, kartel minyak yang tidak stabil, permainan saham sampah, juga pergeseran demografi pasar tenaga kerja.

Lalu bagaimana cara para pimpinan di perusahaan menghadapi situasi VUCA tersebut? Jawaban sederhananya adalah dengan menjadi pemimpin yang sebenarnya. Apa maksudnya? Begini, banyak pimpinan yang mengaku telah memimpin perubahan, padahal sesungguhnya yang mereka lakukan adalah mengelola perubahan. Lho memang beda? Banget!

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan perbedaan antara Leadership (kepemimpinan) dan Managerialship (pengelolaan). Bagi yang belum baca silakan mampir ke sini. Nah kali ini saya ingin menambahkan penjelasannya dikaitkan dengan situasi VUCA.

Ilmu manajemen lahir di era revolusi industri. Kala itu muncul pabrik-pabrik besar yang mempekerjakan ratusan hingga ribuan orang. Nah untuk memastikan bahwa proses produksi berjalan sesuai keinginan pemilik pabrik maka diciptakanlah metode pengelolaan operasi pabrik yang kemudian berkembang menjadi ilmu manajemen modern seperti yang kita kenal saat ini.

  Tips Agar Tetap Produktif di Masa Pensiun

Jadi, managerialship itu adalah tentang mengelola kompleksitas. Fungsinya adalah memastikan bahwa semua pekerjaan dilakukan sesuai rencana dan termonitor dengan baik sehingga hasil akhir bisa diprediksi keluar sesuai yang diharapkan.

Sementara Leadership itu adalah tentang memimpin perubahan. Seorang Leader harus bisa menemukan dan melakukan maneuver yang tepat di tengah situasi yang tidak menentu supaya tujuan bersama bisa tetap tercapai.

Bekerja 5% lebih baik dari sebelumnya tidak akan bisa membawa perusahaan selamat dari kemelut VUCA. Perusahaan harus bisa melakukan lompatan perubahan. Untuk itu yang dibutuhkan adalah seorang pemimpin.

Bayangkan organisasi militer. Dalam situasi damai yang dibutuhkan cukup managerialship yang kuat untuk mengelola administrasi dan protokol dalam hirarki organisasi. Namun dimasa perang, organisasi militer dituntut mampu menunjukkan kepemimpinan yang kuat di semua tingkatan. Para parjurit yang maju ke medan perang itu harus dipimpin, bukan di kelola.

Nah, saat ini dunia bisnis sedang dalam kondisi perang. Maka jika Anda hanya mengandalkan managerialship, peluang Anda memenangkan pertempuran menjadi kecil. Moral karyawan akan mudah goyah. Korban yang berjatuhan akan banyak. Sekarang ini, perusahaan membutuhkan pemimpin yang sebenarnya.

Saat ini adalah kesempatan bagi Anda menunjukkan diri bahwa Anda siap jadi pemimpin yang bisa membawa tim dan perusahaan Anda keluar dari krisis dan naik ke kelas yang lebih tinggi.

Maka mulai sekarang, lengkapi diri Anda dengan ilmu dan kemampuan kepemimpinan yang mumpuni. Belajarlah cara menggerakkan orang, memotivasi mereka, hingga menselarasakan langkah kaki anggota tim Anda maju ke medan perang dan memenangkan pertempuran.

Jika Anda siap belajar, maka saya dan dua sahabat saya pendiri Kubik Training, Jamil Azzaini dan Farid Poniman pun akan siap menemani perjalanan transformasi diri Anda menjadi pemimpin yang hebat. Kami mengundang Anda untuk mengikuti pelatihan Kubik Leadership di Hotel Ritz Carlton pada tanggal 16-17 Juni 2016.

  Telkomsel Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan

Informasi lebih lanjut silakan cek http://www.kubik.co.id/faq/ atau hubungi 082111999022 atau 02129400100

 

Indrawan Nugroho

Business Innovator

CEO CIPTA Consulting

Co-founder Kubik Group

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends