Dengarkan Suara Pelanggan

 

Oleh Jamil Azzaini, CEO Kubik Leadership

Bagi seorang presiden, rakyat adalah pelanggan yang wajib dilayani. Bagi seorang pebisnis, pelanggan adalah raja yang patut dimuliakan. Saya sangat terinspirasi dengan sejarah Kaisar yang tinggal di kota Ch’ang-An ibukota Dinasti T’ang di Tiongkok. Sejarah yang ditulis Syaikh Raji’ Kinas dalam kitab Azwaajul Khulafaa’ dikutip oleh Salimafillah menuturkan:

“Sang Kaisar semakin tua semakin kehilangan pendengarannya. Ketika, sang Kaisar tampak sedih, para menteri dan penasihat menghibur, “Apa pun yang terjadi, Yang Mulia tetap Kaisar kami yang bijak, mohon Baginda jangan bersedih.”

“Aku berduka bukan meratapi diri,” ujar Kaisar, “aku sedih sebab kini tak lagi bisa mendengar langsung keluhan rakyat!”

Sejak saat itu, Sang Kaisar yang rajin minta ditandu mengelilingi negeri ini memutuskan untuk tidak memegang pemerintahan secara langsung. Diangkatlah Perdana Menteri (Chen Xiang) dari lulusan terbaik ujian negara (Jinshi) untuk menjalankan pemerintahan di bawah pengawasannya.

Lalu apa yang dikerjakan Kaisar? Dia semakin rajin mengelilingi negeri untuk mendengarkan keluhan rakyat dan menyemangati mereka. Sebab pendengarannya lemah, Kaisar menitahkan agar yang ingin mengajukan masalah mengenakan pakaian merah dan menyiapkan aduan secara tertulis. Atas titahnya regu khusus kekaisaran akan menindaklanjuti tiap aduan sesuai tingkat pengambil kebijakan, desa hingga pusat.

Kaisar terus berkeliling; menyemangati rakyat, memberkati mereka di tempat peribadatan, mendorong pendidikan, kerja keras, dan bakti. Yang dilakukan Kaisar mengilhami rakyat, baca tulis meningkat, aneka kerja bersemangat, pemerintahan tertata, dan Dinasti T’ang pun jaya.

Suara rakyat dan juga suara pelanggan yang didengar itu berdampak sangat positif. Menyehatkan kehidupan, memuaskan rakyat dan pelanggan. Memperlancar jalur komunikasi sehingga hubungan dan kepercayaan diantara semua pihak semakin menguat.

  Lesatkan Karir Anda

Pelajaran dari Kaisar di atas menegaskan bahwa bila negeri kita dan juga perusahaan kita ingin kuat, jaya dan menjadi disegani banyak pihak, “dengarkanlah suara rakyat, dengarkanlah suara pelanggan Anda.”

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini diĀ Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends