servic-coach-header-01

 

  1. Leaders as a Coach Training (LACT)

Kubik Coaching memahami bahwa dalam menghadapi tuntutan perubahan lingkungan bisnis yang sangat dinamis, korporasi di Indonesia dituntut untuk mampu beradaptasi dan melakukan respon dengan cepat. Salah satu kunci dari kecepatan respon tersebut adalah terbentuknya Tim yang dipimpin oleh para Pemimpin Pemberdaya (Empowered Leaders). Kemampuan utama yang harus dimiliki oleh Pemimpin Pemberdaya adalah bagaimana menempatkan dirinya sebagai Coach bagi Timnya. Banyak pemimpin hebat yang terjebak untuk selalu memberikan arahan dan solusi bagi Tim, sehingga Tim bergantung pada atasan, dan gagal untuk tumbuh menjadi Tim yang mandiri dan adaptif terhadap perubahan.

Pelatihan ini ditujukan untuk para pemimpin yang dituntut mampu membawa Tim yang dipimpin untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi. Tim yang mampu secara mandiri melakukan eksplorasi terhadap solusi bagi permasalah yang dihadapi, tim yang berani mengambil inisiatif dan bertanggungjawab atas aksi yang akan diambil untuk mengatasi tantangan yang dihadapi, dan tim yang secara mandiri terus memperbaiki diri dengan aktif mencari cara baru yang lebih baik.

Dalam pelatihan LACT ini para pemimpin tersebut akan ditempa untuk menjadi Coach bagi anggota Tim nya. Tidak hanya belajar menguasai prinsip-prinsip dasarnya, namun juga dengan memahami dan mempraktekkan langsung ketrampilan dasar untuk menjadi Coach. Dengan berbekal pengalaman selama belasan tahun memberikan layanan pelatihan untuk Korporasi, yang dipadukan dengan teknik-teknik coaching yang sudah diuji dan digunakan sendiri oleh para Coaches Kubik, maka para peserta akan mendapatkan pengalaman belajar yang efektif dan menyenangkan.

Materi LACT didesign untuk diaplikasikan di lingkungan internal korporasi, sehingga peserta akan dibekali dengan tools dan model Coaching yang relevan dan aplikatif dalam pemberdayaan Tim.

 

  1. Internal Coach Capacity Improvement Program (ICCI)

Dalam menghadapi tantangan perubahan lingkungan bisnis yang sangat dinamis, banyak perusahaan yang secara sadar sudah melakukan inisiatif mengembangkan budaya Coaching di dalam perusahaan. Para pemimpinnya sudah dilatih untuk menguasai ketrampilan untuk menjadi Internal Coach bagi Tim, sehingga diharapkan mampu melakukan pemberdayaan Tim. Namun, upaya demikian seringkali tidak berjalan secara berkesinambungan, karena dalam pelaksanaannya para Internal Coach menemui hambatan-hambatan, baik yang bersumber dari dalam diri nya maupun dari lingkungan di dalam perusahaan.

Program ICCI adalah tailored program yang menggabungkan teknik observasi, in-class discussion dan mentoring untuk para Internal Coach. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Internal Coach, dan membantu Internal Coach mengidentifikasi serta mengatasi hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan program coaching internal yang dilaksanakan.

Para Internal Coaches akan diobservasi oleh Coaches Kubik yang berpengalaman, untuk mendapatkan mentoring dan feedback, sehingga dari waktu ke waktu pelaksanaan program internal Coaching yang dilaksanakan menjadi semakin efektif.

 

  1. Executive Coaching Program (ECP)

Lingkungan bisnis di Indonesia saat ini menghadapi perubahan yang belum pernah dihadapi sebelumnya oleh para pelaku bisnis. Inovasi teknologi telah menghadirkan kompetitor-kompetitor baru yang bahkan bukan berasal dari industri sejenis. Perubahan tuntutan pelanggan telah menghilangkan potensi pasar dimana dulu banyak perusahaan kuat berkiprah. Penurunan harga komoditas utama ekspor Indonesia telah menekan banyak industri terkait. Ini semua menuntut setiap pemimpin bisnis mampu menemukan cara-cara baru dalam mengelola usaha.

Kubik Coaching percaya bahwa para pemimpin bisnis seperti halnya para juara dalam bidang olahraga, bukanlah pelaku yang harus diajari bagaimana melaksanakan usaha nya. Namun mereka memerlukan partner yang mampu mendampingi proses berpikir kreatif yang dapat “memprovokasi” pemikiran para pemimpin hebat tersebut dalam menemukan hal-hal baru untuk membuat usahanya tidak hanya sekedar survive, namun bahkan mengungguli kompetitor ditengah era perubahan ini.

Coaches Kubik yang berpengalaman akan merancang rangkaian pertemuan eksklusif baik secara one-on-one maupun group Coaching yang memungkinkan para Pemimpin bisnis mendapatkan progress nyata dari satu tahap ke tahap berikutnya. Keunikian pendekatan Kubik Coaching adalah penggunaan solution-focused approach dan project-based coaching, sehingga pemimpin bisnis akan didorong untuk menciptakan solusi inovatif sekaligus mampu memastikan eksekusi yang efektif dari solusi tersebut.

 

  1. Coaching the Coach Program (CCP)

Para pemimpin bisnis dimasa lalu seringkali dituntut untuk menjadi Super Leader yang tahu segalanya dan dapat menjawab setiap tantangan yang sedang dihadapi Tim yang dipimpinnya. Perubahan dan dinamika lingkungan bisnis saat ini menghadirkan tuntutan yang berbeda. Pemimpin bisnis diharapkan menjadi Empowered Leader yang mampu menggerakkan Tim dengan peran sebagai Coach.

Namun bahkan seorang Internal Coach yang berpengalaman akan membutuhkan Coach untuk mendampinginya agar selalu naik kelas.

Program CCP dirancang untuk para Internal Coach yang ingin terus meningkatkan kemampuan diri nya. Para Coaches Kubik yang berpengalaman akan menjadi Coach bagi internal Coaches perusahaan, dengan memberikan tantangan yang mampu menghadirkan gagasan-gagasan dan cara-cara baru.

Seperti halnya pada program ECP, pada program CCP Coaches Kubik yang berpengalaman akan merancang rangkaian pertemuan eksklusif baik secara one-on-one maupun group Coaching yang memungkinkan para Internal Coaches mendapatkan progress nyata dari satu tahap ke tahap berikutnya.

 

 

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends