21stcenturylearningTulisan ini dibuat untuk menyongsong acara Festival SuksesMulia tanggal 4 Agustus 2012 nanti, dimana saya akan ikut sharing tentang “Cara Belajar Abad 21.”

Ternyata hadirnya internet, teknologi bergerak (mobile), dan media sosial telah mengubah lansekap dunia pembelajaran secara radikal. Bagaimana cara dulu kita belajar sudah tidak lagi relevan untuk dipraktekkan sekarang. Jadi kalau kita tidak mampu keep up dengan cara belajar masa kini, niscaya kita akan jadi sangat jauh tertinggal.

Jadi, sebelum menyimak sesi sharing saya di Festival SuksesMulia nanti, ada baiknya kita simak dulu fakta-fakta menarik seputar perubahan proses belajar yang tengah terjadi. Dibawah ini saya uraikan 10 perbedaan proses belajar abad 20 dan abad 21. Kesepuluh perbedaan ini saya rangkum dan sarikan dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel maupun laporan yang otoritatif dalam dunia pembelajaran.

Belajar Abad 20 Belajar Abad 21
Kita dituntut untuk mempelajari materi pelajaran Kita dituntut terampil menggunakan alat bantu pembelajaran
Bertujuan untuk menambah pengetahuan Bertujuan untuk mencari solusi aplikatif
Kita adalah konsumen ilmu pengetahuan Kita adalah produsen ilmu pengetahuan
Sumber ilmu adalah guru dan buku pegangan Ilmu bisa diperoleh dari mana saja, siapa saja
Kita belajar di ruang-ruang kelas Kita belajar dimana saja, kapan saja
Belajar adalah sebuah proses formal Belajar bisa dilakukan secara informal
Struktur belajar dibakukan Sruktur belajar ditentukan sendiri
Prosesnya satu arah, direktif Prosesnya partisipatif, kolaboratif, dan co-kreasi
Perlu ada institusi yang mengatur interaksi, produksi dan distribusi pengetahuan Perlu jaringan pembelajaran yang komprehesif, fleksibel, dan kredibel
Merujuk pada otoritas institusional Merujuk pada kredibilitas kolektif

Setelah mengetahui kesepuluh perbedaan itu, maka sekarang pertanyaannya adalah, secara konkrit bagaimana cara saya belajar di abad 21 ini? Apa yang harus aku lakukan? Temukan jawabannya di Festival SuksesMulia. Sampai jumpa!

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends