Bisnis Perlu Leader Atau Manager?

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Bagi sebuah bisnis yang baru mulai mana yang lebih penting, leadership atau managerialship? Jangan sampai salah ya, waktu dan sumber daya kamu terbatas. Dalam fase startup kamu harus fokus dan memilih peran mana yang kamu akan mainkan. Nah, untuk menjawab pertanyaan diatas, kita perlu tahu perbedaan diantara keduanya terlebih dahulu, kemudian baru kita tentukan apa jawaban yang paling pas. Siap?

John Kotter, seorang profesor di Harvard Business School menjelaskan perbedaan dari keduanya dengan sangat baik di artikel Harvard Business Review berjudul ‘What Leaders Really Do’. Menurutnya, leader dan manager memainkan peran yang berbeda. Berikut ini adalah perbedaannya. Pembahasan ini berdasarkan peran leadership atau managerialship yang dimainkan, bukan jabatan struktural dalam sebuah organisasi.

Leadership itu tentang menetapkan arah, sementara managerialship itu menyusun perencanaan.

Seorang leader memutuskan, perusahaan ini mau dibawa kemana? Apa yang kita ingin raih? Kenapa harus itu? Sementara manager memikirkan bagaimana cara terbaik agar bisa sampai kesana. Berapa anggarannya? Siapa saja yang perlu dilibatkan? Bagaimana mengelola sumberdaya yang ada?

Leadership itu tentang menyelaraskan orang, sementara managerialship itu mengatur orang.

Seorang leader fokus pada memastikan bahwa seluruh anggota timnya melangkah bersama menuju satu arah yang sama. Menyatukan hati dan merapatkan barisan para pengikutnya. Sementara manager membangun sistem pengelolaan orang agar semuanya berjalan dengan efektif dan efisien, agar semua orang dalam organisasi menjalankan perannya dengan baik.

Leadership itu tentang menggerakkan orang, sementara managerialship itu tentang kontrol.

Seorang leader mengerahkan energinya untuk memotivasi pengikutnya agar mau bergerak bahu membahu meraih tujuan bersama. Sementara manager menelateni proses. Melakukan kontrol untuk memastikan bahwa perencanaan terkesekusi dengan baik di lapangan. Mengembalikan deviasi di lapangan agar kembali back on-track.

  Hadirkan Trigger

Nah sekarang, setelah memahami tiga perbedaan utama antara leadership dan managerialship, menurut kamu, diawal pembentukan sebuah bisnis, mana yang lebih penting untuk dimainkan? Leadership atau Managerialship?

Iya, jawabannya adalah Leadership. Karena fase awal dari membangun sebuah bisnis adalah proses penemuan (discovery). Anda perlu menemukan pasar yang tepat, menciptakan produk yang sesuai, dan meyakinkan pelanggan untuk membeli dan merekomendasikan produk atau layanan Anda. Fase awal bisnis juga penuh ketidakpastian, tim Anda belum terbentuk dengan baik, semuanya termasuk Anda masih belajar. Maka dari itu, Leadership lebih dibutuhkan.

Nanti ketika bisnis Anda sudah berjalan dengan baik. Pasar dan pelanggan sudah terdefinisikan dengan baik. Produk sudah diterima secara positif oleh pelanggan. Keuangan sudah mulai tidak terasa menyakitkan. Saat itulah Anda butuh managerialship. Struktur organisasi dengan pembagian kerja yang jelas. SOP, hingga Key Performance Indicator (KPI).

Jadi, sudah siap ambil peran sebagai leader untuk bisnis kamu?

Bagus! Tapi tunggu dulu, jangan gegabah! Kamu perlu lengkapi diri kamu dengan ilmu dan keterampilan kepemimpinan yang mumpuni. Jangan asal. Nah, kebetulan di bulan Ramadhan nanti, tepatnya tanggal 16-17 Juni 2016, saya bersama sahabat saya Jamil Azzaini dan Farid Poniman akan menyelenggarakan pelatihan Kubik Leadership. Ini modul pelatihan andalan Kubik Group yang sudah diikuti oleh lebih dari 100 perusahaan ternama di Indonesia sejak tahun 2005. InsyaAllah bisa membantu kamu jadi leader bisnis yang hebat.

Informasi lebih lanjut silakan cek http://www.kubik.co.id/faq/ atau hubungi 082111999022 atau 02129400100

Indrawan Nugroho
Business Innovator
CEO CIPTA Consulting
Co-founder Kubik Group

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends