Berbisnis Sekaligus Berkolaborasi

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Bahagia itu jika jumpa dengan orang yang punya “chemistry” seirama, “chemistry” untuk memajukan bisnis sendiri sekaligus memajukan bisnis sesama. Kami ingin menjadi baja yang bisa menempa besi. Bisnis kami harus kuat agar bisa membantu sesama pebisnis lainnya. Kami tak ingin maju sendiri, oleh karena itu kami tergabung dalam Eminet.

Dan hari itu, saya benar-benar mendapat banyak pelajaran yang sangat berharga. Pelajaran pertama, Pebisnis itu bermental pejuang. Perlu Anda ketahui, semula yang akan membuka acara di hari kedua adalah Walikota Solo. Saat ada kabar Walikota berhalangan, panitia bukan menurunkan standarnya, ia justeru menaikkan standarnya.

Pagi itu, Coach Fahmi menemui Gubernur Jawa Tengah, meski terhalang oleh protokoler, ia menerobos menjumpai sang Gubernur. Dan setelah bicara beberapa menit, bapak Ganjar Pranowo, bersedia hadir ke Hotel Sunan, tempat acara berlangsung. Coach Fahmi berkata “jangankan menghadirkan Gubernur, pengusaha itu bisa memindah gunung dan membelokkan arah air di sungai.”

Pelajaran kedua, pemimpin adalah coach. Saat Gubernur Jawa Tengah, bapak Ganjar Pranowo, diberi kesempatan naik panggung, saya mengira beliau akan memberikan sambutan seperti pejabat lainnya. Tapi ternyata perkiraan saya salah. Pak Ganjar, secara spontan meminta peserta yang bisnisnya bermasalah untuk maju naik ke panggung.

Dengan gaya seorang coach, pak Gubernur yang mengenakan T-Shirt berwarna merah ini mengajukan beberapa pertanyaan cerdas. Dari dua peserta yang diminta naik panggung, satu pesertanya langsung menemukan solusinya setelah menjawab pertanyaan pak Gubernur yang sangat menghibur. Usai acara saya menyalami pak Gubernur sembari berbisik “bapak bukan hanya seorang gubernur tetapi juga coach bisnis.” Gubernur yang energik inipun tertawa renyah.

  Kebencian

Pelajaran ketiga, pengusaha sukses itu attitudenya positif. Di acara tersebut berkumpul banyak pengusaha sukses. Hal yang menarik adalah para pengusaha itu saling memuliakan, rendah hati, saling belajar, dan senang berbagi.

Berada di komunitas positif itu memang mengasyikan, cocok bagi Anda yang memiliki tipe pembelajar, salah satu komunitas positif yang terus menggeliat adalah Eminet. Saya sangat senang berada di dalamnya.

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends