Beralihlah Menjadi Pemimpin Yang Memberdayakan

Oleh Atok R Aryanto, COO Kubik Group

“Saya mulai punya banyak waktu untuk kembali menekuni kesenangan yang sudah lama tidak sempat saya lakukan yaitu memodifikasi mobil klasik dan 4WD. Saya juga mulai bisa rutin bersepeda lagi dengan teman teman saya,” ujar Arief, seorang Presiden Director perusahan Logistic ternama di Indonesia. Hal ini terjadi karena Arief telah melakukan pergeseran dan merubah gaya kepemimpinannya dari seorang Super Leader atau Pemimpin Super menjadi Pemimpin yang Memberdayakan.

Siapa yang tak menginginkan situasi seperti ini?

Banyak pemimpin perusahaan yang masih berlaku berbeda seperti pak Arief. Di sejumlah tempat, pemimpin memang masih memposisikan memegang kendali secara penuh atas timnya, mulai dari penentuan target, penyelesaian masalah, hingga pengambilan keputusan. Pemimpin seperti ini biasa disebut sebagai Super Leader atau Pemimpin Super.

Model kepemimpinan seperti ini biasa diterapkan dan bisa saja berhasil dalam situasi tertentu. Namun sebetulnya tindakan ini bukannya tanpa resiko, karena saat ini pemimpin mesti berhadapan dengan dunia yang mengalami perubahan sangat cepat, kian tak pasti, dan semakin kompleks. Terminologi yang biasa kita pakai adalah VUCA yakni akronim dari Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity.

Dalam menjalankan bisnis di dunia VUCA ini, pemimpin harus mulai pandai mengadaptasi gaya kepemimpinan yang dapat membawa timnya lebih tangguh dan siap menghadapi berbagai tantangan. Pemimpin harus beberapa langkah di depan timnya, mampu merencanakan dan mengantisipasi sejumlah isu yang mungkin harus dihadapi di masa depan.

Pemimpin juga harus menyiapkan sejumlah alternatif rencana bisnis jika terjadi sejumlah tantangan, cepat membaca beberapa peluang yang dapat digunakan untuk mengembangkan perusahaannya. Sementara itu, pemimpin mulai perlu menyiapkan tim yang kuat di belakangnya.

  Pentingnya Komitmen Eksekusi dalam Organisasi

Berdayakan tim Anda, dan Anda pun dapat menikmati hidup lebih nyaman.

Tidak percaya? Buktikan!

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends