Bagaimana Menghadapi Karyawan Yang Sedang Mengalami Workers Block?

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Sebagai pemimpin pernahkah Anda menemukan pegawai yang kondisi kerjanya menurun, seolah sedang mengalami kebuntuan atau workers block? Jika dalam dunia penulisan ada writers block, maka dalam dunia kerja ada pula workers block. Hal ini bisa terjadi saat kondisi karyawan sedang tidak sehat, ataupun pikirannya sedang kalut karena masalah yang dihadapi, atau bisa jadi dia tidak suka dengan sang bos! Nah loh..

Jika sudah begitu, apa yang bisa dilakukan pemimpin untuk menghilangkan kegalauan yang dihadapi sang karyawan? Tentu saja tidak bisa dengan langsung memberikannya hukuman atau punishment, terlebih jika karyawan tersebut menjadi andalan perusahaan.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bersikap tegas, agar masalahnya tidak berlarut-larut dan semakin memperburuk keadaan. Dan berikut adalah panduannya:

  1. Kenali lebih dekat karyawan Anda

Sebelum menjudge bahwa karyawan Anda pemalas atau tidak berprestasi, ada baiknya kenali siapa sebenarnya karyawan Anda itu. Caranya bisa diawali dengan mendekati meja kerjanya dan mengapresiasi apa yang telah ia kerjakan selama ini. Karyawan manapun pasti akan senang jika pimpinannya memberikan perhatian yang spesial untuk dia.

  1. Jangan lupa mengecek pekerjaannya

Katakan bahwa Anda yakin jika karyawan tersebut bisa melakukan hal yang lebih baik dari yang selama ini dia lakukan. Berikan kepercayaan lebih kepadanya. Setiap karyawan pasti akan merasa lebih dihargai jika ia tahu bahwa pimpinannya percaya padanya dan akan memberikan yang terbaik yang bisa ia lakukan.

  1. Ceritakan jika dulu Anda pernah merasakan hal yang sama

Untuk memberi tahu jika kita mempunyai rasa empati kepada karyawan, kita bisa sharing tentang hal yang dulu pernah dirasakan sewaktu masih berada di posisinya. Berikan tips yang pernah Anda terapkan agar ia tidak melakukan hal yang sama. Tawarkan juga bantuan kepadanya mengenai solusi yang mungkin bisa membantu pekerjaan dia.

  1. Jika memang tengah berada dalam masalah, mintalah untuk mengambil cuti
  Menjadi Leader dengan Manajemen Maksimalis Atau Minimalis ?

Jangan paksakan dia bekerja jika memang sedang terjadi masalah pelik dalam hidupnya. Terus menyuruhnya bekerja adalah hal yang sia-sia. Berikan keluangan waktu agar dia bisa sejenak refreshing dan melakukan hal yang dia sukai di luar pekerjaan.

  1. Ajaklah berbincang di ruangan Anda

Kegaluan bisa dirasakan siapa saja, namun memberikan hal yang spesial kepada karyawan berupa perhatian khusus bisa merubah suasana hati mereka. Ajak karyawan Anda berbincang di ruangan Anda dan biarkan ia terbuka tentang masalah yang sedang dihadapinya. Katakan bahwa Anda masih membutuhkannya untuk mencapai tujuan dan visi misi perusahaan.

  1. Janjikan insentif

Untuk memastikan ia bertahan, tak hanya motivasi yang harus Anda berikan kepadanya. Berikan insentif yang tidak mungkin ia tolak untuk meningkatkan gairah kerjanya. Sesekali ajak juga karyawan Anda makan siang di luar atau berlibur bersama untuk menambah keakraban dan semangat kekeluargaan.

  1. Berikan penghargaan kepada karyawan berprestasi

Dengan adanya penghargaan bagi karyawan terbaik, maka mereka akan merasa lebih terpacu semangatnya untuk bekerja dan tanpa ragu akan selalu memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Pastikan Anda selalu mensosialisasikan penghargaan ini, agar semua karyawan semakin berlomba untuk menjadi yang terbaik.

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends