20minDi acara Festival SuksesMulia tanggal 4 Agustus 2012 kemarin, setiap pembicara hanya diberi waktu 20 menit untuk menyampaikan presentasinya dihadapan lebih dari 1500 peserta yang hadir. Sebagian rekan-rekan bertanya, “kenapa hanya 20 menit saja?”. Kenapa tidak lebih lama layaknya seminar lainnya? Apakah karena pembicaranya banyak dan semua ingin tampil di panggung yang sama? Tidak juga. Atau karena panitia tidak yakin para pembicara siap tampil lebih lama dari 20 menit? Sudah pasti bukan.

Jawabannya sangat ilmiah. Penelitian di University of Tennessee mengungkap bahwa jangkauan perhatian (span of attention) orang dewasa dalam menyimak sesuatu itu tidak lebih dari 20 menit. Lebih dari itu ia akan mudah terdistorsi dengan hal-hal lain yang terjadi disekitarnya. Artinya, 20 menit adalah waktu paling efektif untuk menyampaikan pesan Anda pada orang lain.

Guy Kawasaki, seorang penulis dan pembicara publik di bidang komunikasi, memiliki aturan 10:20:30, yaitu 10 slide, 20 menit dan 30pt huruf. Penyajian presentasinya tidak pernah lebih dari 20 menit. TED, sebuah event kelas dunia dimana para tokoh dunia dari berbagai profesi; peneliti, inventor, seniman, hingga mantan presiden diminta untuk mempresentasikan ide-idenya, juga menerapkan aturan 20 menit ini.

Selain faktor jangkauan perhatian, aturan 20 menit ini ‘memaksa’ pembicara untuk fokus serta menyajikan idenya secara sederhana dan to the point. Hasilnya, para audiens yang jumlahnya ribuan itu segera mampu menangkap pesan yang disampaikan. Jika Anda sendiri seorang pembicara, ingat kata Einstein, “jika Anda tidak mampu menjelaskannya secara sederhana, maka Anda belum benar-benar memahaminya.”

Lalu bagaimana jika ada audiens yang ingin bertanya atau belajar lebih jauh? Itulah sebabnya di Festival SuksesMulia disediakan tenda konsultasi dimana peserta dapat berinteraksi secara langsung dengan pembicara sepanjang hari.

  Seni Leadership: Etos Kerja Semu

Nah, mulai sekarang cobalah aplikasikan aturan 20 menit ini. Next time Anda ingin mempersentasikan produk Anda ke prospek, atau memaparkan laporan Anda ke atasan, lakukan tidak lebih dari 20 menit saja.

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends