Apa Yang Pertama Kali Dilakukan Ketika Memimpin?

 

Halo leaders,

Kepemimpinan atau leadership adalah jalan panjang yang membutuhkan komitmen dan kontinuitas dari Anda. Namun, setiap perjalanan panjang dimulai dari langkah awal yang menentukan.

Langkah dari jalan panjang kepemimpinan Anda sebaiknya dimulai dari menjadikan diri Anda sebagai pemimpin yang menjadi panutan atau teladan. Pemimpin yang memiliki prinsip-prinsip yang bisa dijadikan pedoman dalam bersikap dan membuat keputusan bagi tim. Pemimpin yang dapat menyatakan filosofi dan nilai kepemimpinannya dengan bahasanya sendiri. Pemimpin yang menyuarakan kepentingan timnya, kepentingan organisasi dan perusahaan dengan dialog bukan monolog.

Leaders, Anda harus mampu menjangkau orang lain, Anda harus memahami dan menghargai nilai-nilai dari tim Anda dan mencari kecocokan atau alasan kesamaan pandangan mereka dengan nilai-nilai yang disepakati bersama. Anda adalah pemersatu, Anda menjadikan tim peduli dengan apa yang mereka kerjakan, bukan menjadikan mereka hanya patuh mengerjakan perintah semata.

Anda menegakkan keyakinan-keyakinan, prinsip-prinsip, Anda memperlihatkan sikap kepada tim dengan menjalankan apa yang Anda katakan, dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan di keluarga Anda. Anda membangun kredibilitas diri Anda dengan konsistensi antara ucapan dengan tindakan.

Leaders,
Langkah yang pertama sekali yang harus Anda lakukan untuk menjadi leader yang kredibel yang layak menjadi panutan adalah:

Deklarasikan Nilai-Nilai (Values) dan Prinsip Anda.

Temukan values dan prinsip fundamental yang menuntun setiap keputusan dan tindakan yang Anda yakini bisa membawa kesuksesan bagi perusahaan. Misalnya, di rumah sakit yang saya pimpin, saya menginginkan tim yang memiliki karakter “gembira, berdaya, serba bisa”. Karakter tersebut diyakini dapat menjadi solusi terhadap kebuntuan-kebuntuan inovasi dari organisasi selama ini. Kemudian, prinsip-prinsip yang diyakini salah satunya yaitu: “hanya karena kita tidak bisa melihat jalan nya, bukan berarti kita tidak bisa melaluinya” semua dapat dilakukan selama tim memiliki perasaan berdaya, yang tidak mungkin akan menjadi mungkin.

  Memilih Kader Terbaik Sebagai Leader

Setelah Anda menemukan values dan prinsip-prinsip yang sesuai untuk Anda, tim dan organisasi lalu sampaikan kepada tim Anda mengapa value dan prinsip yang Anda yakini itu begitu penting. Apa yang akan terjadi jika value dan prinsip tersebut dijalankan. Hal-hal apa saja yang bisa Anda, tim dan organisasi capai jika memiliki value dan prinsip tersebut. Namun, Anda haruslah orang yang paling meyakini dan mempercayainya, Anda jalankan values dan prinsip tersebut dalam kehidupan Anda sehari-hari, dengan begitu Anda akan tampil orisinil.

Leaders, apa values dan prinsip yang Anda yakini yang bisa Anda deklarasikan kepada tim Anda? Pastikan values dan prinsip tersebut juga Anda jalankan dalam kehidupan Anda sehari-hari, tidak hanya di kantor bersama tim tapi juga di rumah bersama keluarga Anda.

“You can’t do what you say if you don’t know what you believe. And you can’t do what you say if you don’t believe in what you’re saying” (Jim Kouzes – the leadership challenge)

Salam SuksesMulia

Eko S.Nugroho
Direktur Rumah Sakit Mekar Sari Bekasi
Founder & Owner VNV Mediesteti Klinik
Co-Founder Medical Preneur Institute

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends