Apa Perbedaan Training Leadership dengan Coaching Leadership?

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Kepemimpinan sebagai hal mendasar untuk menghadapi sengitnya persaingan di dunia bisnis harus dibangun sejak dini. Ada banyak cara untuk melatih jiwa kepemimpinan karyawan Anda di perusahaan, salah satunya dengan training leadership dan coaching leadership.

Meski keduanya ditujukan untuk membangun bibit-bibit unggul pemimpin di perusahaan, namun ada 3 perbedaan besar yang perlu Anda ketahui terkait training leadership dan coaching leadership. Mari kita simak perbedaannya dalam poin-poin berikut ini.

  1. Tujuan

Jika dilihat dari tujuan pemberiannya, ada perbedaan yang cukup signifikan dimana training leadership lebih menitikberatkan pada pemberian berbagai materi secara cukup mendalam terkait kepemimpinan.

Sementara itu, coaching leadership lebih banyak mengarah ke pembentukan karakter atau sifat kepemimpinan yang ingin dibangun pada sesi tersebut. Jadi, pada coaching leadership peserta jauh lebih aktif dalam menyampaikan ide dan pendapatnya.

  1. Cara

Merujuk pada cara pemberiannya, training leadership lebih banyak dilakukan dengan memberikan materi tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik, misalnya. Suasana pelatihan pun berlangsung secara formal layaknya pelatihan atau seminar pada umumnya.

Sementara untuk coaching leadership tidak lagi diberikan pengarahan namun lebih kepada memfasilitasi peserta dengan mengajukan pertanyaan dan feedback yang positif. Dalam coaching leadership suasananya lebih cair dan santai bahkan peserta mungkin tidak sadar sedang melakukan coaching. Hubungan yang dibangun lewat coaching leadership pun lebih terjalin 2 arah dan lebih kolaboratif.

  1. Pemberian materi

Training leadership dan coaching leadership juga memiliki perbedaaan dalam pemberian materi kepada peserta, dimana pada training leadership peserta diberikan sejumlah materi dengan porsi pembahasan di masa lalu agar karyawan dapat melakukan perubahan di masa mendatang.

Sementara coaching leadership tidak lagi membahas masa lalu, melainkan lebih memberikan gambaran dan saling berdiskusi untuk merancang dan menerapkan strategi kepemimpinan di masa yang akan datang.

  Pama Training Leadership Behaviour Programme-Fundamental

Dari penjabaran ketiga perbedaan training leadership dan coaching leadership di atas, diharapkan Anda dapat semakin memahami dan lebih mudah menentukan metode mana yang akan digunakan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan karyawan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Selamat mempraktikkan!

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Inspirasi Leadership Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends