Antara Memiliki Gagasan dengan Membuat Mesin Penghasil Gagasan

Halo Leaders!

Perusahaan saat ini berada dalam situasi perubahan yang cepat, industri layanan kesehatan salah satu yang mengalaminya. “Dramatic Change” istilah yang digunakan untuk menggambarkan era saat ini. Perubahan-perubahan terjadi secara dramatis. Konsumen yang menginginkan layanan ramah, kemasan yang eksklusif berkelas, tidak lagi menjadi issue utama. Saat ini keinginan konsumen berubah ubah sesuai dengan cepatnya perkembangan akses yang hampir tak terbatas. Keinginan konsumen menjadi begitu rumit.

Kemudian pesaing tidak lagi dapat Anda perkirakan kehadirannya, boleh jadi pesaing yang hadir menantang perusahaan besar bukanlah perusahaan besar lainnya, namun perusahaan kecil dengan kemampuan yang besar! Contohnya, gojek atau grab bike yang siap melibas perusahaan-perusahaan taksi.

Apa yang harus Anda lakukan agar perusahaan Anda mampu menghadapi perubahan-perubahan yang demikian cepat?

Anda harus memiliki ide atau gagasan yang selalu update dengan situasi yang ada, gagasan yang memberikan solusi-solusi dan inovasi terhadap permasalahan konsumen. Permasalahannya, sebagai leader tentu Anda tidak selalu memiliki gagasan, dan inovasi perusahaan seolah hanya bergantung pada gagasan yang Anda buat.

Hal ini dapat membuat perusahaan yang Anda pimpin stagnan jika gagasan hanya bergantung kepada diri Anda. Alih-alih memikirkan sebuah gagasan sebaiknya Anda pikirkan cara untuk menciptakan “mesin penghasil gagasan” seperti tokoh animasi Doraemon yang bisa mengeluarkan apa saja dari kantong ajaibnya hehehe..

Mesin penghasil gagasan adalah sebuah lingkungan kerja yang di dalam nya terdapat tim yang mampu melahirkan inovasi baru dari beragam gagasan yang terus bermunculan.

Agar perusahaan dan tim yang Anda pimpin dapat dirakit menjadi mesin penghasil gagasan, 3 hal berikut dapat Anda lakukan:

1. Ciptakan suasana menyenangkan dalam iklim kerja perusahaan Anda. Gagasan terbaik hanya dapat dilahirkan dari pikiran dan perasaan yang menyenangkan dan bahagia. Ide kreatif atau gagasan tidak akan muncul dari pikiran stres, perasaan takut dan hati yang dipenuhi emosi negatif. Coba Anda bayangkan bekerja dalam suasana negatif, bisakah Anda membuat inovasi?

  Memilih Kader Terbaik Sebagai Leader

2. Latih panca indera tim agar mampu melihat, mendengar, merasakan, berpikir dan berperilaku layaknya konsumen yang sedang menikmati produk layanan Anda.

3. Gunakan tools yang mudah, menyenangkan, dan juga menantang. Tools ini berfungsi untuk membantu tim Anda mengeluarkan gagasan-gagasan kemudian didiskusikan dalam kelompok untuk menghasilkan sebuah rencana bisnis yang baru.

Leaders,
Tanggung jawab Anda bukan untuk memikirkan gagasan, tanggung jawab Anda adalah menciptakan lingkungan yang mampu melahirkan gagasan-gagasan dan kemudian gagasan hebat tersebut dipastikan dapat diwujudkan.

Selamat memimpin tim yang penuh dengan gagasan, agar inovasi dapat diciptakan buatlah terlebih dahulu “mesin penghasil gagasan” Anda.

Salam Sukses Mulia

Eko S.Nugroho
Direktur Rumah Sakit Mekar Sari Bekasi
Founder & Owner VNV Mediesteti Klinik
Co-Founder Medical Preneur Institute

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends