6 Tips Hidupkan DNA Inovasi Dalam Bisnis

Inovasi tidak muncul begitu saja dalam bisnis. Anda harus menghidupkannya. Berikut ini adalah 6 tips untuk melakukannya menurut PJ Chan, Senior Engagement Leader di Kotter International, firma konsultan yang fokus dalam membantu para pemimpin mengakselerasi implementasi strategi di organisasinya.

  1. Inovasi bukan permainan tunggal. Semua orang harus dilibatkan dalam prosesnya. Ketika perusahaan mempekerjakan seorang Chief Innovation Officer, maka seolah-olah tanggung jawab inovasi hanya melekat pada orang tersebut, yang lain hanya menunggu hasil. Ini justru mematikan DNA inovasi perusahaan tersebut. Walaupun ide inovasi bisa saja datang dari satu orang, namun kreativitas lintas fungsi, kepercayaan dan kolaborasi lah yang akan bisa menjadikan sebuah inovasi mewujud menjadi kenyataan.
  2. Inovasi hanya akan datang jika ada undangan. Maka undang tim Anda untuk mengajukan ide-ide baru, take ownership atas ide tersebut, kemudian mengimplementasikannya. Jika mereka harus minta ijin dalam setiap tahapan inovasi, maka mereka akan berhenti meminta ijin. Demikian pula berhentilah inovasinya.
  3. Dorong semua anggota tim Anda untuk menguji ide mereka secepatnya, gagal dan menemukan kesalahan mereka dengan cepat, kemudian lakukan perbaikan. Jika mereka merasa harus menyajikan hasil akhir yang sempurna sebelum menunjukkannya pada Anda, maka upaya inovasinya akan keburu kehilangan momentum sebelum benar-benar bisa take-off.
  4. Hargai pembelajaran yang didapat dari kegagalan layaknya Anda menghargai pembelajaran dari sebuah kesuksesan. Kemudian gunakan pembelajaran itu untuk membuat upaya inovasi berikutnya menjadi lebih baik. Dengan begitu, semua anggota tim Anda tidak akan takut melakukan inovasi.
  5. Pastikan aktivitas diatas dilakukan oleh semua orang dalam organisasi Anda, dari level paling atas hingga level terbawah. Artinya, pimpinan puncak harus ikut terlibat secara aktif, tidak cukup hanya sekeder memberikan mandat atau mendelegasikan upaya inovasi pada tim dibawahnya.
  6. Tahan godaan untuk mengelola proses inovasi layaknya Anda mengelola sebuah projek. Inovasi tidak bisa tercipta jika Anda fokus semata-mata pada anggaran, sumber daya dan lini waktu. Inovasi itu adalah tentang proses penemuan. Proses ini liar dan berantakan. Objektifnya adalah eksplorasi kemungkinan dan menguji dampaknya, bukan memastikan semuanya berjalan sesuai tahapan dan waktunya.
  Siapkah Menghadapi VUCA?

Demikian tadi enam hal yang bisa langsung Anda aplikasikan di organisasi Anda, baik itu merupakan bisnis rintisan dengan hanya segelintir karyawan, maupun perusahaan besar dengan ribuan karyawan. Saatnya kita hidupkan DNA inovasi di bisnis kita. Semoga bisnis kita bisa semakin inovatif. Amin.

 

Indrawan Nugroho

Business Innovator

CEO CIPTA Consulting

Co-founder Kubik Group

 

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends