5 Skill Untuk Melejitkan Karir Anda di Tahun 2018

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

2018 akan datang sebentar lagi. Perlu upgrade kualitas diri agar rencana karir Anda tak hanya sebatas resolusi.

Ya, dengan semakin beratnya tantangan dunia bisnis dan ekonomi saat ini, dibutuhkan skill yang mampu menjadi bagian dari solusi.

Terutama dengan lahirnya Second Machine Age, sebuah era dimana mesin-mesin akan menggantikan ‘otak’ manusia. Anda mau tidak mau, suka tidak suka harus memiliki kompetensi lain yang tidak akan mungkin tergantikan oleh teknologi digital.

Seperti 5 skill berikut ini, yang wajib Anda pelajari untuk meningkatkan kompetensi dan karir Anda di tahun mendatang:

1. Communication Skill

Pekerjaan apapun selalu membutuhkan skill komunikasi yang baik. Ketika Anda ingin mengutarakan sebuah ide atau gagasan, menjual produk, membangun relasi dan menjalin hubungan bahkan mengkomunikasikan kesulitan Anda kepada atasan, dibutuhkan keterampilan dalam hal berbicara, menulis, dan mendengarkan. Seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan mudah naik level dalam karir dan pekerjaannya.

2. Interpersonal Skill

Kemampuan untuk membangun hubungan dan berinteraksi dengan orang lain akan membuat Anda mudah bekerjasama dengan orang lain, membangun networking dan mengambil hati konsumen. Interaksi Anda dengan rekan kerja, bos, bawahan, customer, supplier atau siapapun yang berhubungan dengan pekerjaan Anda akan menentukan masa depan Anda nantinya. Jadi, latihlah skill ini sedini mungkin dan akan ada banyak orang yang menyukai Anda.

3. Learning Skill

Di era digital yang serba cepat saat ini, Anda bisa mengakses informasi kapan dan dimana saja. Anda hanya butuh tekad dan kemauan yang kuat untuk terus menerus belajar ilmu apapun yang bisa menunjang karir dan pekerjaan Anda. Ilmu ini bisa Anda dapatkan dengan mambaca buku, menonton youtube, menghadiri training dan seminar untuk membuka wawasan Anda tentang perkembangan yang akan terjadi di masa depan. Semakin meningkat pengetahuan Anda, kompetensi dan karir Anda pun akan semakin melesat dibandingkan rekan kerja Anda.

  Sales Champion Training Program di CIMB Niaga

4. Management Skill

Jika ingin menapaki jenjang karir yang lebih tinggi, Anda membutuhkan skill untuk bisa merencanakan, melaksanakan, mendelegasikan dan mengontrol suatu pekerjaan kepada tim atau anak buah Anda. Kemampuan ini sangat penting dan krusial terutama untuk Anda yang mengincar jabatan menjadi seorang leader. Semakin baik kemampuan leadership Anda, akan semakin mudah untuk menyakinkan atasan bahwa Anda layak menjadi seorang pimpinan.

5. Problem Solving Skill

Masalah yang muncul dalam dunia bisnis saat ini begitu kompleks dan membutuhkan solusi yang cerdas untuk memecahkannya. Anda bisa mulai melatih problem solving skill Anda dengan pantang menyerah, tidak melemparkan kesalahan pada orang lain dan kreatif mencari solusi dalam setiap permasalahan yang muncul dalam pekerjaan. Dengan begitu, Anda akan jeli dalam melihat sebuah akar masalah dan tidak sulit menemukan alternatif jawabannya.

Sudah siap upgrade kualitas diri mulai hari ini? šŸ™‚

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Inspirasi Leadership Jamil Azzaini diĀ Youtube Channel KubikĀ Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends