4 Hormon Untuk Kerja Bahagia

 

Ternyata kebahagiaan kita dipengaruhi reaksi kimia di otak lho. Kita akan berkenalan dengan 4 unsur kimiawi di otak, populer disebut dengan Empat Hormon Bahagia.

Ketika kita mengaktivasi 4 hormon ini, kita akan bisa mengatasi hormon stres (kortisol) yang seringkali kuat banget muncul saat kita kerja. Efeknya antara lain kita lebih sehat, kreatif, dan punya keterampilan penyelesaian masalah yang lebih bagus.

HORMON ENDORFIN
Hormon endorfin menutupi rasa sakit. Semacam painkiller natural yang ada dalam tubuh manusia. Sejarahnya, endorfin membantu nenek moyang kita untuk terus lari agar selamat dari predator. Endorfin bikin kita punya daya tahan tinggi. Endorfin bikin kita kuat untuk dorong diri kita melakukan sesuatu yang sulit, berat, dan tetap seneng melakukannya.

Jadi kalau kamu lagi stres sama kerjaan, coba ambil break dengan olahraga yang ritmenya cukup kenceng. Cara lainnya bisa dengan makan makanan pedas. Hormon endorfin sebenarnya ga begitu bantu kita ngerasa enak, tapi bantu ngurangin perasaan ga enak kita. Hehe, lumayan ya.

HORMON DOPAMIN
Dopamin adalah hormon kenikmatan yang terstimulasi ketika berjuang mencapai sebuah sasaran. Hormon ini bantu kita termotivasi untuk beraksi. Ketika sasaran tercapai, ketika menang, ketika semua rencana beres, rasanya nikmat banget sehingga kita gembira.

Gimana caranya mengakses hormon dopamin? Nyoret to do list! Atau majang kerjaan yang sudah kelar, sekecil apapun bagian yang udah dikerjain, ga masalah. Rasanya enak banget tuh. Selain itu, visualisasikan impian sejelas-jelasnya, sampai kita bisa lihat-dengar-rasakan impian itu seakan nyata. Ini akan bikin hormon dopamin bekerja. Kita jadi termotivasi dan fokus.

HORMON SEROTONIN
Hormon ini bangkitin mood banget. Bikin kita jadi menyenangkan, ramah, dan suka bergaul. Kalau kekurangan hormon ini, kita jadi cepet marah atau justru malah mudah depresi.

  Strategi Menghadapi Perubahan Dalam Organisasi

Serotonin diperoleh dari membangun hubungan. Kita melakukan sesuatu untuk membuat orang tua, atasan, rekan kerja, bawahan, pasangan, anak, siapapun orang yang penting dalam hidup kita, bangga. Serotonin itu rasa bahagia karena mendapat pengakuan, dianggap penting, merasa percaya diri.

Cara untuk dapetin hormon serotonin adalah membangun komunikasi dengan orang lain. Komunikasi tatap muka atau minimal telpon (denger suara) saat lagi kerja. Keduanya ga bisa dikalahkan dengan socmed, email, dan chat lho ternyata. Cara lain adalah mengingat momen bahagia di masa lalu dan bersyukur atas apa yang kita punya saat ini.

HORMON OKSITOSIN
Hormon ini sering disebut juga dengan hormon cinta. Ia memberikan kebahagiaan dengan keintiman dan kepercayaan. Ia membuat kita merasa aman, semua akan baik-baik saja. Maka menjalin kasih sayang dengan orang-orang terdekat jadi kuncinya.

Aslinya hormon oksitosin diperoleh dari sentuhan fisik. Itulah mengapa ada resep sehat dengan 8 pelukan setiap hari ya? Menariknya, oksitosin juga bisa diperoleh dari melakukan kebaikan pada orang lain. Bahkan, menyaksikan orang yang berbuat kebaikan pada orang lain aja bisa bangkitin hormon ini.

Jadi ikutan dalam kegiatan sosial bisa kamu lakukan. Bermain dengan anak-anak, ngobrol sama kakek-nenek, merawat hewan, membantu orang yang kesulitan. Ternyata benar, membantu orang lain adalah cara ampuh untuk membantu diri sendiri.

Nah itu dia. Bahkan tubuh kita pun mendukung kita untuk berbahagia. Jadi.. jangan lupa bahagia! 🙂

***
Dewi Ashuro
Rising Star Partner
Career Development Trainer & Coach
www.facebook.com/yourcareerpartner
www.facebook.com/groups/bintangkarier

 

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends