4 Cara Membangun Tim Yang Siap Memenangkan Kompetisi

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Menjelang akhir tahun ini, perusahaan mulai mewanti-wanti karyawannya, apakah target yang mereka buat di awal tahun sudah tercapai atau justru masih jauh dari target. Yang memiliki tanggung jawab paling besar dalam hal ini tentu saja para pimpinan perusahaan. Jika target tidak tercapai merekalah yang dimintai pertanggungjawaban atas tim yang mereka kelola.

Mengatur tim tidak ubahnya mengatur diri sendiri. Dibutuhkan pengelolaan yang baik agar tujuan tim dapat tercapai sesuai kesepakatan awal. Belum lagi, jika Anda menemukan masalah pada tim yang berakibat pada tidak tercapainya target yang telah diberikan perusahaan. Ini bukan hanya merugikan Anda, tetapi juga merugikan perusahaan secara keseluruhan.

Sebenarnya, untuk mendongkrak semangat tim agar bekerja semakin keras sampai akhir tahun ini, para pemimpin hanya perlu melakukan beberapa hal:

  1. Kenali Tim Anda dengan Baik dan Berikan Tugas Sesuai Kemampuan

Kenali terlebih dahulu siapa anggota tim Anda termasuk bagaimana pola mereka bekerja sehari-hari. Jika Anda sudah mengenal karakter masing-masing, akan lebih mudah untuk memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuannya. Ini juga akan mempermudah pekerjaan mereka karena sudah sesuai dengan bidang dan porsinya, sehingga target pun akan lebih mudah tercapai.

  1. Buatlah Perencanaan Kerja dan Komitmen yang Baik

Buat rencana kerja yang terperinci agar Anda lebih mudah dalam memberikan arahan mengenai tujuan yang telah ditetapkan. Hal ini dapat meminimalisir kesalahpahaman informasi mengenai apa yang harus dilakukan, bagaimana caranya dan berapa jumlah target yang harus dicapai. Komitmen juga perlu digarisbawahi agar semua orang di dalam tim fokus pada rencana kerja awal. Pastikan semua orang saling mengingatkan agar tim Anda menjadi kompak.

  1. Buat Kerjasama yang Baik Antar Individu
  Menjadi Kesatria: Belajar Dari Kesatria Baja Hitam

Untuk mencapai target, tim Anda membutuhkan ide-ide dan kreativitas baru agar tidak kalah dengan para pesaing. Karena itu, tim Anda harus berkolaborasi dengan baik dengan saling berbagi informasi tentang hal-hal apa saja yang sebaiknya perlu dilakukan untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Hal ini penting agar semua orang di dalam tim dapat mengeluarkan performa terbaik yang mereka miliki.

  1. Lakukan Team Building sebagai Sarana Refreshing

Tim Anda tentunya membutuhkan sarana refreshing di sisa tahun ini. Banyak hal yang telah mereka lalui beberapa bulan ke belakang. Karenanya butuh pit stop atau penyegaran kembali agar mereka bisa mengembalikan semangat yang mungkin sudah mulai turun. Acara team building juga bisa menjadi momentum untuk membangun kerjasama tim agar mereka senantiasa kompak dalam mengerjakan sebuah proyek bersama-sama.

Manajemen perusahaan biasanya mengadakan team building menjelang akhir tahun karena di sisa waktu yang ada, mereka ingin memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Melalui acara ini, seluruh karyawan diharapkan siap menyongsong kembali tantangan di masa depan yang semakin kompetitif.

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Inspirasi Leadership Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends