3 Tipe Karyawan Berdasarkan Pencapaian Target Akhir Tahun

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Menjelang akhir tahun ini, bagaimana pencapaian target Anda? Apakah sudah melebihi target yang ditetapkan di awal tahun? Atau justru masih jauh dari harapan? Tentunya banyak yang perlu menjadi catatan bagi para pemimpin perusahaan di sisa tahun ini.

Ibarat MotoGP, 3 bulan terakhir ini adalah Last Lap. Siapa yang berhasil memanfaatkan kesempatan di masa-masa ini adalah mereka yang akan memenangkan kompetisi. Namun tahukah Anda, ada 3 tipe karyawan menjelang akhir tahun ini dalam pencapaian targetnya.

Yang pertama, adalah mereka yang sudah mencapai target atau over target. Biasanya karyawan jenis ini sudah berada pada zona nyaman mereka sehingga merasa tenang dan aman. Mereka puas dengan apa yang sudah dicapainya dan tidak ingin berusaha untuk lebih baik lagi. Hal ini tentunya sangat berbahaya, karena kemampuan manusia tidak ada yang tahu, sampai batas mana ia harus berhenti.

Saat mereka sudah tidak haus lagi untuk mencapai target, mereka akan menjalani dengan seadanya karena sudah tidak ada lagi yang harus dikejar. Namun jika mereka tetap berusaha maksimal di sisa waktu terakhir ini, bukan tidak mungkin mereka akan bisa mencapai target yang jauh lebih besar lagi.

Yang kedua, adalah tipe karyawan yang belum mencapai target namun sudah on the track dalam perjalanan untuk mencapainya. Karyawan jenis ini hanya tinggal sedikit lagi untuk bisa mencapai target mereka. Tapi tetap harus diingat bahwa mereka masih belum mencapai target. Karena itu, jangan sampai terlena, justru mereka harus semakin mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya agar bisa over target.

Selesaikanlah apa yang sudah dimulai, karena jika terlena sedikit saja akan bisa mempengaruhi mental untuk menjadi pemenang. Hal ini juga berbahaya bagi mereka yang merasa sudah di atas angin, padahal perjalanan yang ditempuh masih cukup panjang. Bahkan ini juga bisa menjadi boomerang jika nyatanya di akhir kompetisi mereka bukanlah sang pemenang.

  Seminar Motivasi di WWF Indonesia

Yang terakhir, adalah tipe karyawan yang masih sangat jauh dalam pencapaian targetnya. Untuk karyawan jenis ini, biasanya mereka sudah pesimis akan tercapainya target mereka. Namun, jangan menyerah dan pasrah begitu saja, apalagi sampai berputus asa. Masih ada kesempatan kurang lebih 3 bulan lagi untuk terus berjuang sekuat tenaga mencapai garis finish.

Bukan tidak mungkin, di saat kita mengerahkan segala daya upaya dalam memfokuskan waktu kita bagi para klien potensial, tiba-tiba datang omset besar dalam sekali deal untuk menutupi kekurangan yang masih sangat jauh dan hampir tidak mungkin tertutup dengan kondisi penjualan yang regular karena keterbatasan waktu.

Pada akhirnya, yang terpenting adalah strategi seperti apa yang akan kita lakukan dan seberapa besar motivasi kita untuk dapat meraihnya. Saatnya kita memenangkan kompetisi. Jadilah yang terbaik di sisa waktu yang ada. Dan jangan lupa, senantiasa berdoa kepada Yang Maha Memberi Segalanya.

 

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends