Integritas, kini menjadi topik yang tiada habisnya untuk dibahas, karena merupakan kunci dari kesuksesan sebuah perusahaan. Dalam beberapa artikel sebelumnya, Anda telah mengetahui definisi integritas dan meyakini pentingnya integritas bagi karyawan. Ya, ada 3 prinsip untuk bisa memimpin diri guna menjadi sosok yang berintegritas.

Prinsip yang pertama, bahwa integritas dimulai dari mengambil kontrol terhadap diri. Yang kedua, integritas diwujudkan dari aksi yang dilakukan. Dan yang terakhir, integritas diri adalah upaya yang hasilnya pasti kembali kepada diri. Hal ini berarti Anda harus bisa memimpin pikiran, perasaan, dan tindakan diri, untuk menjadi sosok yang berintegritas.

Rekind 27-28 Okt

Lantas, bagaimana cara Anda mengaplikasikan hal tersebut untuk meningkatkan integritas Anda, terutama di tempat kerja? Hal ini pula yang menjadi pembahasan saat PT Rekayasa Industri mengikuti training Competency Based Development Program (Combad Pro) Integrity di kampus IPMI, Kalibata pada 27-28 Oktober 2014. Pesertanya adalah para staff PT Rekayasa Industri berjumlah 36 orang.

Pada sesi diskusi di dalam kelompok, peserta training diminta untuk sharing mengenai siapa sosok yang memiliki integritas paling tinggi menurut tiap orang dalam kelompok. Pilih satu sosok yang terbaik menurut kelompok untuk kemudian dipresentasikan di depan kelas. Peserta begitu antusias mengikuti jalannya diskusi dan saling berdebat mengenai siapa yang paling berintegritas.

Rekind 27-28 Okt 2

Pada saat penutupan, salah satu peserta memberikan testimoni bahwa setelah mengikuti pelatihan selama 2 hari ini, ia menjadi lebih terbuka dan peduli dengan hal-hal yang terjadi di sekitarnya, terutama untuk hal-hal yang terkait dengan integritas. Jika rekan kerja atau atasan melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai integritas, ia akan bersikap asertif dan bukannya agresif atau pasif ketika memberikan feedback.

  The Power Of Feedback

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends