Banyak orang yang merasa takut tatkala dihadapkan pada perubahan. Mereka takut keluar dari zona nyaman yang sudah mereka jalani setiap hari.

Namun, perubahan tidak bisa dihindarkan dan harus dihadapi. Karena itu, perlu adanya suatu manajemen perubahan agar proses dan dampak perubahan tersebut bermuara pada titik positif.

Menurut Kurt Lewin, dalam bukunya Field Theory of Social Science (1951), ada 3 pendekatan yang bisa dilakukan kepada mereka yang antipati terhadap perubahan.

3 Langkah Efektif Menghadapi Resistensi PerubahanPertama, usik zona nyaman yang membuat mereka terlalu asyik di dalamnya dan tidak mau diganggu. Zona yang sudah tidak lagi nyaman itu akan membuat mereka lebih mudah menerima perubahan yang ditawarkan.

Kedua, lakukan perubahan secara bertahap namun pasti. Seiring waktu, kelompok yang menentang perubahan jumlahnya akan berkurang jika mereka melihat hasil nyata dari perubahan tersebut.

Ketiga, jika hasil yang diinginkan mulai tercapai, stabilkan kondisi tersebut dengan aturan-aturan baru, sistem kompensasi baru dan cara pengelolaan organisasi yang baru pula. Jika berhasil, jumlah yang menentang akan semakin berkurang bahkan berbalik mendukung perubahan itu.

Memang, untuk membuat orang mau menerima perubahan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan communication skill yang baik untuk menyampaikan bahwa perubahan yang dijalankan demi kebaikan bersama.

Anda dapat mempelajari teknik communication skill untuk menghadapi perubahan ini melalui pelatihan bersama Kubik Training. Info lebih lanjut silahkan hubungi Mona di 0816-1615316 atau 021-29400100.

Salam SuksesMulia!

 

Informasi training:  follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends