3 Langkah Membangun Tim yang Efektif

 

“If you don’t understand people, you don’t understand business”

 

Halo Leaders,

Tim bukan sekedar kumpulan orang. Tim adalah organisasi yang memiliki dinamika, kualitas dan standarnya sendiri. Tanpa mengetahui hal ini, Anda akan kesulitan. Dengan mengetahui dan memahaminya, Anda dapat menggerakkan tim Anda untuk mencapai tujuan.

Dalam setiap tim, ada beragam orang yang semuanya bisa mendorong dan menolak ke berbagai arah dengan kekuatan yang berbeda-beda dengan keyakinan yang berbeda-beda. Beberapa orang menolak lebih keras, yang lain senang mendorong dari belakang, sementara yang lain lagi tidak melakukan apapun, tetapi itulah tim anda. Anda tentu tidak ingin tim Anda bekerja sendiri-sendiri bukan?

Mengapa tim bekerja sendiri-sendiri? Sebabnya adalah karena masing-masing orang dalam tim memiliki tujuannya sendiri-sendiri sesuai dengan apa yang mereka yakini tentang bagaimana ia harus bersikap terhadap permasalahan. Orang dalam tim Anda cenderung membicarakan hal-hal negatif daripada yang positif, cenderung menilai orang berdasarkan kelemahannya daripada kelebihannya.

Anda dapat menjadikan tim anda lebih efektif yaitu dengan menghilangkan kebiasaan menilai seseorang dan permasalahan berdasarkan hal negatif dan kelemahannya, hadapi permasalahan dengan FLY yaitu:

1. FOKUS pada kekuatan atau kelebihan masing-masing orang bukan pada kekurangannya. Beri label positif pada diri sendiri dan orang lain.
2. LATIH terus yang menjadi kelebihan dengan sendirinya kekurangan atau kelemahan akan tertutupi. Kemudian berlatihlah juga mencari nilai positif dari setiap kejadian yang ada.
3. Jadikan dua hal di atas sebuah keYAKINan baru dalam tim, sehingga tim akan menunjukkan aksi, sikap, pekerti dan pemahaman yang sama.

Sekarang Anda tahu siapa saja anggota tim Anda, sekarang tim Anda siap untuk melompat lebih tinggi dan terbang (FLY) meraih tujuan. Pahamilah bahwa tim adalah kelompok orang yang berfokus pada sasaran bersama, dengan modal pemahaman yang sama tentang cara memandang permasalahan yang ada dalam organisasi dan orang-orang dalam tim.

  Hadapi Persaingan dengan Falsafah Ilmu Silat

Simon Sinek, pakar leadership mengatakan:
“Team is not a group of people who work together.
Team is a group of people who trust each other.
Trust is like love, both parties have to feel it before it really exists”

 

Salam Sukses Mulia
Eko S.Nugroho
Direktur Rumah Sakit Mekar Sari Bekasi
Founder & Owner VNV Mediesteti Klinik
Co-Founder Medical Preneur Institute

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends