3 Hal Yang Wajib Anda Tingkatkan Agar Tidak Kalah Dalam Persaingan

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Mungkin apabila dilakukan survey tentang kata apa yang paling banyak muncul di dunia pengembangan diri dan bisnis saat ini? Salah satu kata yang terpilih adalah “growth” dalam bahasa Indonesianya BERTUMBUH.

Ya, saat ini, yang tidak growth akan galau, yang tidak growth akan tertinggal dan kalah dalam persaingan. Growth adalah kebutuhan bagi orang-orang yang ingin hidup di atas rata-rata dan hidupnya ingin semakin bermakna. Orang bijak pernah berkata “sungguh rugi dan celaka orang yang hari ini sama atau lebih buruk dibandingkan hari kemarin.” Growth membuat kita menjadi orang yang beruntung.

Lantas apa yang perlu Growth? Dari berbagai riset, kajian dan diskusi yang saya dalami, menurut saya, ada beberapa hal yang kita WAJIB growth.

Pertama, kemahiran. Untuk memenangkan persaingan kita wajib memiliki kemahiran. Dulu, kita memiliki satu kemahiran sudah cukup. Sekarang, di era VUCA (volatile, uncertain, complex, ambigue) kita perlu menambah beberapa kemahiran. Nah pertanyaan saya, apakah kemahiran Anda growth? Dibandingkan tahun lalu, apakah Anda menjadi lebih mahir? Apakah kemahiran Anda juga bertambah?

Apabila dibuat skala 1-10, tahun lalu berapa nilai kemahiran Anda? Lantas tahun ini menjadi berapa? Hal-hal apa saja yang membuat Anda yakin bahwa nilai Anda sudah naik? Apa keahlian baru yang Anda kuasai saat ini? Kemahiran yang terus growth menjadi jalan datangnya rezeki yang semakin growth.

Kedua, total aset. Saat membahas aset, saya selalu memunculkan tiga hal yaitu financial aset, aset terlihat dan aset tidak terlihat. Keuangan sebagai alat tukar seyogyanya setiap tahun semakin lancar. Anda tidak harus memiliki deposito atau tabungan berlimpah, yang terpenting Anda sangat mudah melakukan pembayaran atas semua kebutuhan dan kegiatan apapun termasuk sedekah tanpa harus berhutang. Ini menunjukkan financial aset Anda lancar.

  3 Hal Yang Bisa Meningkatkan Engagement Dalam Bekerja

Aset yang terlihat bisa ditunjukkan oleh jumlah bisnis Anda miliki semakin bertambah, barang-barang penting yang Anda miliki dan sumbangkan juga semakin banyak. Sementara aset yang tidak terlihat bisa berupa reputasi, nama baik, kepercayaan, persahabatan yang semakin bertambah dan sejenisnya.

Nah pertanyaan saya, apakah total aset Anda growth?

Ketiga, spiritualitas. Dunia yang dipenuhi VUCA membuat kita semakin sering khawatir, takut, was-was, gelisah dan kegalauan hati lainnya. Dalam kondisi seperti ini, kita sangat memerlukan hadirnya Sang Maha Tahu, Allah swt. Kesadaran kebutuhan kita kepada-Nya ini saya sebut aspek spiritualitas.

Kedekatan dan rasa membutuhkan kita kepada Sang Pencipta setiap tahun seyogyanya setiap saat growth. Semakin tua semakin sadar bahwa kita membutuhkan Allah swt. Semakin tua semakin bersemangat mendekat kepada-Nya. Semakin tua semakin tahu bahwa kita sangatlah lemah tanpa bantuan-Nya. Hal ini dibuktikan dengan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan bernegara.

Apabila kemahiran, total aset dan spiritualitas ini stagnan dan tidak growth bersiaplah hidup Anda dipenuhi kegalauan dan kalah dalam kompetisi kehidupan yang semakin liar dan sulit diprediksi seperti saat ini.

Mari GROWTH bersama-sama.

 

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Inspirasi Leadership Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends