Dalam perwujudan prinsip kepemimpinan, ada 3 hal yang harus diarahkan oleh seorang pemimpin kepada anak buahnya. Ketiga hal tersebut adalah emosi, strategi, dan eksekusi. Team Leadership Training membantu peserta dalam mengelola berbagai tantangan dan hambatan dalam meraih target tim, baik dalam hal emosi, strategi, maupun eksekusi dari setiap anak buahnya. Saat pemimpin mengarahkan emosi, ia harus tahu apakah suhu di dalam timnya dalam kondisi panas atau dingin. Jika suasana kerja kompetitif dan penuh prasangka negatif, berarti suhu panas. Sementara jika gairah kerja rendah dan karyawan bekerja seperti robot atau zombie, berarti suhu dingin. Lalu apa yang harus dilakukan terkait mempengaruhi emosi tim agar outcome 3 bulan tim Anda bisa tercapai?

Cara Meningkatkan Kinerja Tim

Coach Fauzi sedang menerangkan prinsip kepemimpinan

Yang pertama kali harus dilakukan adalah menjadi pusat gravitasi bagi anak buah. Mereka harus tahu bahwa yang menjadi pemimpin mereka saat ini adalah satu-satunya pedoman yang harus mereka ikuti. Karena jika mereka mengambil jalur yang berbeda dengan pimpinan mereka, maka apa yang menjadi tujuan bersama akan sulit dicapai. Selanjutnya, pemimpin harus bisa membedakan SDM aset dan SDM beban. Perlakukan anak buah sesuai kompetensi mereka, berdayakan SDM aset dan upgrade skill SDM beban. Kemudian, pemimpin harus bisa meningkatkan motivasi kerja anak buahnya dengan cara yang positif. Anak buah harus tahu bahwa mereka menjadi bagian dari pencapaian visi misi perusahaan, sehingga mereka akan merasa berdaya dan dengan senang hati menjalankan tugasnya.

Hal ini juga yang menjadi materi pembahasan dalam Pelatihan Great People Development Program (GPDP) – Mandatory for Manager PT. Telkomsel yang ditujukan bagi para pemimpin tim dengan level manajer. Leadership training di Jakarta dengan total peserta 21 orang ini diselenggarakan pada 10-12 Maret 2015 lalu. Peserta diajak menjalani sebuah petualangan selama 3 hari untuk pengembangan SDM mereka dan manajemen kepemimpinan timnya. Peserta didorong untuk menjadi manajer terbaik yang mampu membawa kejayaan bagi PT. Telkomsel Indonesia. Jika Anda berminat mengikuti pelatihan kepemimpinan dari Kubik Training, silahkan menghubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100. Salam SuksesMulia!

  Team Building Program di PT Taikisha Indonesia Engineering

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends