3 Cara Agar Tim Anda Bekerja Dengan Hati

 

“Kerjakan sesuatu karena bermakna, bukan sekedar karena memang itu pekerjaan kita”

 

Halo Leaders,

Anda mengelola orang, yaitu orang yang digaji untuk melakukan suatu pekerjaan. Namun, jika pekerjaan itu hanya sekedar pekerjaan bagi mereka, Anda tidak akan pernah mendapatkan hasil terbaik mereka. Jika mereka datang ke tempat kerja hanya untuk absen masuk dan absen pulang dan bekerja sesedikit mungkin diantara jam tersebut, Anda dikutuk untuk gagal wahai leader.

Sebaliknya, jika mereka datang ke tempat kerja untuk bersenang-senang, ditantang, diinspirasi, dan dilibatkan, maka Anda memiliki kesempatan besar untuk dapat hasil terbaik dari mereka. Semua tergantung Anda. Leader harus dapat menginspirasi, memimpin, memotivasi, menantang, dan melibatkan mereka secara emosional. Caranya adalah:

1. Anda harus membuat mereka sadar dan peduli pada apa yang mereka lakukan dengan cara membuat mereka dapat melihat relevansi pekerjaan mereka, apa pengaruh pekerjaan mereka pada kehidupan orang lain.
2. Berikan makna atau value pada target kerja yang ditetapkan, dan pastikan Anda sebagai leader adalah orang yang bisa dijadikan contoh utama bagaimana bersikap sesuai value yang diharapkan.
3. Komunikasikan terus menerus makna atau value hingga mencapai setiap anggota tim Anda bahwa pekerjaan mereka memang benar membuat perbedaan dan memiliki tujuan mulia.

Tentu sangat mudah menjelaskan apa tujuan mulia dari profesi seorang dokter, perawat atau Anda yang bekerja di rumah sakit, dibanding Anda yang bekerja sebagai capster sebuah salon misalnya, namun sayang sekali industri rumah sakit beserta individu di dalamnya mulai kehilangan value, kehilangan ruhnya, semoga hal ini tidak terjadi pada Anda dan perusahaan Anda dan tempat Anda bekerja.

Apakah Anda sudah percaya pekerjaan Anda bermakna dan memiliki tujuan mulia? Jika belum, renungkan dalam-dalam dan temukan apa tujuan mulia dari pekerjaan Anda? Apa tujuan mulia perusahaan Anda?

  Memilih Kader Terbaik Sebagai Leader

Salam SuksesMulia
Eko S. Nugroho

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends