10 Skill Leader yang Dibutuhkan Perusahaan di Tahun 2020

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Di tahun 2020 mendatang, menurut prediksi, akan terjadi tren berupa pergeseran peran manusia yang akan digantikan oleh kecanggihan teknologi dengan semakin berkembangnya pekerjaan di ranah digital.

Pekerjaan yang dulunya ada dan sangat diminati para pencari kerja, bisa jadi akan menghilang digantikan profesi yang belum pernah ada sebelumnya. Perusahaan akan membutuhkan beberapa skill terutama bagi para leader mereka yang bisa menyesuaikan dengan perubahan teknologi beberapa tahun mendatang.

Dan inilah 10 skill leader yang dibutuhkan perusahaan di tahun 2020 berdasarkan prediksi The Future of Jobs, yang dirilis oleh World Economic Forum:

1. Memecahkan permasalahan yang kompleks

Dengan memiliki skill yang paling krusial ini, ketika dihadapkan pada suatu permasalahan yang kompleks, leader dipercaya akan dapat membawa perubahan yang positif bagi perusahaan.

2. Berpikir kritis

Dengan cara berpikir seperti ini, leader dapat melihat gambaran besar dari suatu persoalan dan mencari akar masalahnya sehingga dapat memberikan masukan atau jalan keluar agar perusahaan menjadi lebih baik.

3. Kreatif

Kebutuhan produk dan pola pekerjaan baru menuntut leader lebih kreatif agar dapat mengambil keuntungan dari pesatnya teknologi di masa depan. Robot mungkin bisa melakukan pekerjaan lebih cepat, namun belum tentu bisa kreatif seperti manusia.

4. Manajemen manusia

Secanggih apa pun strategi bisnis yang ada, tidak akan berjalan dengan baik jika tidak diimbangi dengan skill karyawannya. Karenanya, penting bagi para leader untuk mengelola SDM dengan baik demi mendukung strategi yang akan dijalankan.

5. Berkoordinasi dengan orang lain

Seorang leader harus bisa berkoordinasi dengan orang lain, terlebih dengan anak buahnya. Semakin tinggi skill mereka dalam bekerjasama, semakin meningkat pula pengaruhnya terhadap produktivitas perusahaan.

  7 Manfaat Outbound Training Bagi Karyawan

6. Kecerdasan emosional

Leader perlu memiliki kecerdasan emosional agar mampu mengelola dirinya dan orang lain, serta bisa berinteraksi secara positif satu sama lain. Dengan cara ini leader tersebut akan bisa berprestasi, baik sebagai individu maupun tim.

7. Penilaian dan pengambilan keputusan

Seorang leader dituntut untuk bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, terutama saat terjadi perubahan eksternal maupun internal. Meskipun sulit, menjadi hal yang krusial bagi leader untuk bisa membuat keputusan yang akan menentukan hasil akhir.

8. Berorientasi pada layanan

Skill ini menuntut leader untuk memiliki rasa empati dan kooperatif dalam bekerja. Pada akhirnya, kemampuan mereka untuk lebih berorientasi pada layanan kepada pelanggan nantinya akan berdampak bagi reputasi perusahaan.

9. Negosiasi

Bagi seorang leader, memiliki keahlian negosiasi bisa mendorong kesuksesan perusahaan, karena dengan kemampuan ini, leader dapat melakukan kerjasama yang lebih menguntungkan dengan para klien atau investor.

10. Fleksibilitas kognitif

Kemampuan fleksibilitas kognitif perlu dimiliki para leader agar mereka bisa cepat beradaptasi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang timbul akibat perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Dari beberapa skill di atas, manajemen manusia menjadi skill yang paling krusial terutama bagi leader di suatu perusahaan. Karena fakta menunjukkan bahwa di balik perusahaan yang sukses terdapat manajemen manusia yang baik.

Seperti yang dikatakan oleh Jan W. Rivkin dalam tulisannya yang berjudul “Why do strategies fail?”, bahwa leader yang baik adalah seseorang yang mampu mengoordinasikan orang-orang di dalam tim untuk bekerja bersama-sama menjalankan visi perusahaan.

Jadi, kini sudah saatnya perusahaan mulai fokus pada pengembangan leadership skill para leader mereka terkait dengan manajemen manusia. Salah satu caranya bisa dengan melalui program Coaching.

  Tips Membangun Kepercayaan Sebagai Seorang Pemimpin

Kubik Leadership memiliki program Coaching untuk membantu perusahaan menciptakan pemimpin-pemimpin dengan leadership skill yang mumpuni sehingga bisa membentuk sebuah team yang solid dan berperforma maksimal.

Kubik Coaching menghadirkan metode pelaksanaan Coaching yang unik dan berbeda, dengan tujuan untuk memaksimalkan output yang diinginkan oleh perusahaan Anda.

Idealnya, coaching dilaksanakan sebanyak 7 sesi pertemuan tatap muka dalam kurun waktu 3 bulan. Masing-masing sesi akan berlangsung selama 1,5 jam, sebanyak 2 sesi dalam satu bulan.

Dengan menjalani proses yang ideal tersebut, di akhir proses Coaching, diharapkan Coachee dapat menemukan sudut pandang baru dan solusi yang tidak terlihat sebelumnya.

 

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Inspirasi Leadership Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends