Kubik Leadership / Innovate For Impact

Karyawan adalah asset utama yang menjadi penggerak sebuah organisasi dan perusahaan. Jika memiliki karyawan potensial, perusahaan akan berupaya segala cara untuk membuat mereka betah, produktif bekerja dan menghasilkan karya yang cemerlang. Termasuk salah satunya dengan menyediakan fasilitas yang bisa mendukung kinerja karyawan untuk memberikan hasil yang terbaik.

Hal ini juga yang dilakukan oleh raksasa mesin pencari, Google, dalam memanjakan dan membuat betah karyawan mereka di kantor. Berbagai tunjangan dan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini membuat para Googler (karyawan Google) tidak perlu memikirkan hal lain kecuali pekerjaan mereka.

Apa saja fasilitas yang bisa dinikmati para Googler ini? Berikut 10 diantaranya:

  1. Makanan dan minuman gratis

Seluruh karyawan Google diperbolehkan untuk mengambil makanan dan minuman sesuka hati mereka tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Tidak hanya makan siang, sarapan dan makan malam pun selalu tersedia bagi karyawan. Bahkan, ruang kerja karyawan letaknya sangat dekat dengan dapur sehingga Googler bisa mengambil snack kapanpun mereka mau. Intinya, perut para penghuni Googleplex dijamin selalu kenyang.

  1. Jaminan kesehatan

Google menyediakan gym dan kolam renang yang diawasi petugas khusus untuk menjaga kebugaran para karyawannya. Ketika ada Googler yang sakit, mereka bisa membuat janji dengan dokter di sana. Tak hanya itu, bagi karyawan yang bisa menyelesaikan suatu proyek dengan baik, mereka akan mendapatkan bonus pijat selama 1 jam dari therapist.

  1. Berbagai macam permainan

10 Fasilitas di Kantor Google Yang Bikin Karyawan Betah

Di Googleplex, karyawan bisa beristirahat sejenak untuk bermain ping pong, biliar, danĀ foosball. Permainan ini tersedia di berbagai tempat sehingga karyawan bisa bebas bermain dimana saja. Tak ketinggalan ada pula video game yang bisa digunakan karyawan yang ingin melepas penat.

  Bagaimana Menghadapi Karyawan Yang Sedang Mengalami Workers Block?

4. Fasilitas cuci gratis

Agar karyawan mereka bisa beristirahat di akhir pekan, Google juga menyediakan fasilitas laundry dan layanan dry cleaning. Tak heran, banyak karyawan yang membawa tumpukan baju kotor mereka ke Googleplex setiap hari Minggu.

  1. Aturan 80/20

Google memiliki aturan 80/20, dimana karyawannya bisa menghabiskan 80% waktunya untuk pekerjaan di kantor. Sementara 20% sisanya mereka bisa mengerjakan proyek sampingan sesuai dengan passion masing-masing. Tak disangka, cukup banyak juga inovasi teknologi canggih yang dihasilkan para Googler dari proyek sampingan ini.

  1. Belajar dimanapun dan kapanpun

Googler terbiasa bertemu para pemimpin, pemikir dan seleb dari industri teknologi, sehingga bisa belajar banyak dari mereka. Namun meskipun sudah cerdas, mereka tetap diberikan fasilitas untuk belajar bahkan di toilet sekalipun, dimana pintu dan bagian atas urinoirnya dihiasi berbagai puzzle dan tips seputar coding. Google percaya, toilet adalah salah satu tempat terbaik untuk menemukan inspirasi.

  1. TechStop

Techstop berisi spesialis IT terbaik yang siap membantu karyawan yang memiliki masalah terkait hardware atau software. TechStop buka 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Bahkan masalah charger tertinggal pun bisa dilayani di tempat ini.

  1. Cuti namun tetap digaji

10 Fasilitas di Kantor Google Yang Bikin Karyawan Betah

Tidak hanya karyawan perempuan yang bisa mendapatkan cuti, di Google, para karyawan lelaki yang istrinya melahirkan pun diberikan hadiah “libur” selama 6 minggu, dan tetap digaji. Sementara itu, kepada karyawan perempuan yang baru melahirkan, Google memberikan libur selama 18 minggu setelah sang anak lahir.

  1. Tunjangan kematian

Saat ada Googler yang meninggal dunia, suami atau istrinya akan mendapat setengah dari gaji karyawan tersebut hingga 10 tahun ke depan. Tidak hanya itu, kepada anak-anaknya Google juga memberikan tunjangan sebesar 1.000 dollar AS yang diberikan setiap bulan.

  1. Fasilitas lain-lain
  Menjadi Kesatria: Belajar Dari Kesatria Baja Hitam

Bagi karyawan yang tinggal di sekitar Mountain View (dekat kantor Google) disediakan transportasi gratis. Mereka juga mendapatkan fasilitas salon gratis jika ingin memangkas rambut. Untuk mereka yang memiliki hewan peliharaan, bahkan diperbolehkan untuk membawanya ke kantor.

Google pasti tidak serta merta menyediakan fasilitas cuma-cuma tersebut kepada karyawannya. Ada tanggung jawab besar dan tentu saja berat yang harus dikerjakan oleh mereka. Namun, hal ini bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan yang ingin membuat karyawan mereka loyal dan betah dalam bekerja. Bagaimana, Anda tertarik mengikuti jejak Google?

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends